mobilinanews

Ini Penjelasan Pereli Irwan Rachim Terkait Kasus Pergantian Driver di Danau Toba Rally 2021!

Kamis, 03/03/2022 21:48 WIB
Ini Penjelasan Pereli Irwan Rachim Terkait Kasus Pergantian Driver di Danau Toba Rally 2021!
Irwan Gibet Rachim (kiri) dengan co-driver Yudow Hadi saat mengikuti Sprint Rally di Paramount Serpong

mobilinanews (Jakarta) - Bersikap sportif dan terbuka. Itu yang dilakukan pereli dan pembalap senior Irwan Rachim atau akrab dipanggil Gibet, yang akhirnya dijatuhi sanksi 6 bulan tidak boleh melakukan aktivitas balap di bawah IMI (Ikatan Motor Indonesia).

"Saya justru mendatangi kantor IMI Pusat di GBK Senayan untuk menjelaskan duduk persoalan yang sebenarnya, sampai kemudian saya (dan Yudow Hadi) menggantikan Guntargen mulai SS4 dan SS5 di Kejurnas Danau Toba Rally 2021 putaran 2 lalu," ujar Gibet kepada mobilinanews.

Seperti pereli lainnya, Gibet tentu sangat antusias bisa mengikuti rally Danau Toba 2021 yang sebagian Special Stage (SS) merupakan juga yang dipakai ajang Kejuaraan Dunia Rally (WRC) 1996 dan 1997 itu. Pokoknya, Rally Of North Sumatra ini menjadi obsesi seluruh pereli.

Nah, Gibet sampai ngebelain menyewa mobil di Medan yakni Suzuki SX4 Cross, serta meminta jasa navigator senior asal Medan juga yaitu pakde Priihatin Kasiman yang juga pengurus IMI Sumatra Utara.

Gibet dan Prihatin turun di kelas Front Wheel Drive. Namun apes, mobilnya mengalami masalah pada SS awal putaran1 Kejurnas yang dhelat Sabtu (11/12/2021). 

"Overheat dan mobil mati. Ya, begitulah, namanya juga mobil sewaan. Mobil yang biasa saya pakai sendiri adalah Datsun, ada di Jakarta," ungkap Gibet. 

Ia tak patah arang, dengan meminta kepada mekanik memperbaiki kerusakan pada mobil, Gibet optimis bisa melanjutkan rally untuk esok harinya. Benar juga mobil bisa jalan lagi. Namun baru menjalani SS1, kendaraan kembali mengalami trouble dan tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Gibet pun sudah pasrah, dan bahkan sudah sempat jalan-jalan ke Danau Toba. 

"Tiba-tiba datang Yudow menawarkan untuk meneruskan Guntargen yang berhenti di SS3 karena sakit, untuk SS4, SS5 dan SS6 (SS6 akhirnya dibatalkan). Saya setuju, tapi saya minta Yudow  lapor dan izin panitia dulu. Bahwa statusnya semacam eksebisi dan tidak perlu hitungan poin," terang Gibet.

Akhirnya, dari SX4 Cross, Gibet dengan co-driver Yudow mengendarai Jeep Cherokee yang sebelumnya digeber Guntargen.

Serba mendadak harus bersiap line up start di SS4, Yudow maupun Gibet sudah tidak sempat melapor kepada panitia. "Tidak sempat melapor dan izin karena waktu yang sempit, kami sepakat akan melapor usai menyelesaikan SS," tambah Gibet.

Namun, kemudian pergantian driver oleh Gibet dari Guntargen terkuak menyusul insiden Cherokee yang dikendarai Gibet dengan navigator Yudow masuk jurang di SS5, dengan kondisi mobil ringsek. 

Yudow Hadi, sang navigator sempat merespon ketika disapa mobilinanews pada Kamis (3/3/2022) sore.

Namun tidak menjawab saat diminta tanggapan terkait insiden pergantian driver di Danau Toba Rally 2021 dan hukuman 1 tahun tidak boleh melakukan aktivitas motorport di bawah lingkup IMI. (bs)   

   

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo