mobilinanews

Bimsalabim! Sirkuit Formula E Ancol Cetak Rekor Pembangunan Tercepat Hanya 2 Bulan!

Sabtu, 09/04/2022 01:03 WIB
Bimsalabim! Sirkuit Formula E Ancol Cetak Rekor Pembangunan Tercepat Hanya 2 Bulan!
Sirkuit Formula E Ancol Jakarta Utara yang sudah hampir rampung pengaspalannya

mobilinanews (Jakarta) - Wow! sirkuit Formula E Jakarta yang terletak di Ancol, Jakarta Utara mencetak rekor  tercepat pertama di dunia dalam pembangunannya yang hanya membutuhkan waktu sekirar 60 hari (2 bulan).

Perwakilan Formula E Operation (FEO) Nuno Fernandez mengungkapkan rasa kagumnya terhadap pembangunan sirkuit Formula E Jakarta yang pengaspalannya akan rampung sebentar lagi.

"Proyek ini sampai saat ini yang pertama di dunia membangun sirkuit permanen dari awal dan hanya membutuhkan waktu 60 hari," kata Nuno dalam video yang diunggah akun instagram Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kamis (7/4/2022).

Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) - nama sirkuit Formula E Ancol memiliki panjang 2,4 kilometer dengan 18 tikungan.

Areal sirkuit yang terletak di Ancol Timur diumumkan sebagai lokasi sirkuit Formula E pada 22 Desember 2021 lalu dengan beragam kontroversi, salah satunya area berlumpur yang mencakup 40 persen lokasi pembangunan.

Tender sirkuit Formula E juga sempat gagal. PT Jaya Konstruksi kemudian dipilih sebagai pemenang tender kedua dan mulai melakukan pembangunan pada 3 Februari 2022 dengan prakiraan waktu pembangunan 54 hari.

Namun, pembangunan tidak langsung berjalan mulus sesuai yang ditargetkan. FEO dan perwakilan FIA sempat memberikan revisi atas pembangunan sirkuit Formula E karena menyangkut aspek keselamatan di sirkuit.

Pembangunan yang sebelumnya diperkirakan selesai 27 Maret 2022 akhirnya harus molor hingga dua pekan ke depan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan, pengaspalan bisa selesai dalam sepekan dan pembangunan tribun penonton akan dilakukan setelah Lebaran.

Riza juga menyebut pembangunan sirkuit secara keseluruhan selesai pada 28 April 2022 mendatang, termasuk dari grandstand dan beberapa persiapan lainnya.

"Dan setelah Lebaran mulai dibuat tribun sebagian besar knock down, InsyaAllah persiapannya sudah sangat baik," yakin Ariza. (wan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo