mobilinanews

UD Trucks Siapkan Armada Berstandar Euro 5, Bisa Tenggak Biosolar dan Ramah Lingkungan!

Selasa, 12/04/2022 16:29 WIB
UD Trucks Siapkan Armada Berstandar Euro 5, Bisa Tenggak Biosolar dan Ramah Lingkungan!
Unit kendaraan komersial UD Trucks yang sudah memenuhi standar Euro 5

mobilinanews (Jakarta) - UD Trucks kini memiliki unit truk berstandar Euro 5. Hal ini untuk menjawab kebijakan peraturan emisi gas buang Euro 4, yang digulirkan pemerintah April 2022. Peluncurannya telah dilakukan 24 Maret lalu.

Terdapat dua teknologi yang disematkan pada truk Euro 5 yakni teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR), yang membuat unit dapat menenggak  bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex.

Adapun teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar biosolar atau B30 atau Solar Subsidi.

Chief Executive Astra UD Trucks, Winarto Martono mengatakan dengan penerapan inovasi teknologi ini, truk mereka kini sudah siap dengan aturan truk berstandar Euro 4.

"Penerapan teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Selective Catalytic Reduction (SCR) sebagai bagian dari pengembangan produk untuk mengakomodir bahan bakar Bio Solar di Tanah Air melaluo truk Euro5 kami. Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia," ungkap Winarto.

Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan tahun 2015 yakni mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi Selective Catalytic Reduction atau (SCR) sehingga mampu melindungi mesin dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

Teknologi ini beroperasi pada suhu ruang bakar mesin yang optimal (Suhu tinggi), sehingga memberi keuntungan buat para pengusaha dimana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Di sisi lain, dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang relatif sama, sehingga mempermudah pengusaha truk di dalam pengadaan part.

"Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan dibawah ambang batas Euro 5, dan bisa memakai biosolar atau B30 atau bahan bakar bersubsidi. Selain itu, Quester Euro 5 telah didaftarkan Sertifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementrian Perhubungan," jelasnya.

Teknologi SCR ini menggunakan Ad Blue sebagai cairan untuk mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 5.

Penggunaan Ad Blue ini sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika 1 liter solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km.

Untuk Ad Blue ini akan menggunakan jirigen 10 liter, untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5 kami memberikan gratis kepada pelanggan kami sebanyak 800 liter yang akan dibagi dalam 4 tahap pengiriman.

Lebih lanjut Winarto Martono mengungkapkan bahwa harga AdBlue di pasaran akan dibandrol sebesar Rp 10.000 per liter dan AdBlue bisa didapatkan di seluruh jaringan market place Astra UD Trucks seperti Seva, Tokopedia, Shopee dan Blibli serta di seluruh jaringan outlet Astra UD Trucks di Indonesia.

Astra UD Trucks juga meluncurkan paket penjualan spesial Quester Euro5 atau yang disebut Paket SUPER Euro 5, di mana setiap pembelian Quester sudah gratis AdBlue sebanyak 800 liter, UD Telematics 1 tahun dan free service 120 ribu km atau 3 tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai dengan 5 tahun dengan warranty 100.000 km.

Mereka yang akan melakuakn pembelian truk Euro 5 UD Trucks akan berhadiah berbagai jenis produk otomotif Astra Group mulai dari Truk, mobil, motor hingga paket umroh dan perjalanan yang didukung pembiayaan dari Astra Financing.(elk)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo