mobilinanews

Ria Sungkar, Pembalap 4 Generasi Yang Mendapat Apresiasi di Enduro Race 15 Jam, Sirkuit Ancol 1991

Minggu, 17/04/2022 14:48 WIB
Ria Sungkar, Pembalap 4 Generasi Yang Mendapat Apresiasi di Enduro Race 15 Jam, Sirkuit Ancol 1991
Ria Sungkar (kanan) bersama Evie dan Tissa Bahar pada Starko Enduro Race 15 Jam di sirkuit Ancol Jakarta Utara tahun 1991. (foto : dok ria sungkar)

mobilinanews (Jakarta) - Ria Gondokoesoemo, atau juga akrab disapa dengan Ria Sungkar dikenal sebagai pembalap dan perally wanita era pertama di Indonesia yang berorientasi dengan prestasi nasional maupun international.

Namun dari beberapa momentum "karier balap" yang dijalani mama dari Rifat dan Rizal Sungkar, serta oma dari Xavier Sungkar ada catatan yang mengesankan. 

"Salah satunya, tentu saat mengikuti balapan Starko Enduro Race 15 Jam di sirkuit Ancol, Jakarta Utara, tahun 1991. Tidak sendirian, saat itu saya bersama dengan Evie Bahar dan putrinya mendiang Tissa Bahar," tutur Ria Sungkar.

Sangat menarik, tidak hanya menjadi balapan paling lama yang pernah diikutinya, namun juga dinamikanya. "Jadi, kita bertiga gantian nyetir mobilnya. Juga ada waktu bagi pembalap untuk beristirahat, untuk tidur 1-2 jam. Tapi ya nggak bisa tidur beneran. Tidur ayam saja hehe," lanjutnya.

"Total 331 laps, di sirkuit sepanjang 3,590 km. Kenyang deh balapan...," beber istri mendiang tokoh dan legenda otomotif Helmy Sungkar ini.

Startnya pukul 00.00 (tengah malam), sampai hari Minggu besoknya finish pukul 15.00 WIB (jam 3 sore). 

Pada event tersebut Ria Sungkar cs mengendarai Daihatsu Winner yang disponsori Intirub dan Prestone, mendapat apresiasi tersendiri. Tidak hanya akhirnya berhasil menjadi juara 5 kelas B, acungan jempol tersebut layak diberikan karena kegigihan trio Ria, Evie dan Tissa sehingga berhasil finish.

Pasalnya, ada beberapa juga pembalap yang tidak berhasil menyelesaikan balapan dengan durasi yang cukup lama : 15 jam. 

Oya, selain trio Ria, Evie dan Tissa, juga ada trio pembalap wanita lainnya di event tersebut yakni Susy Sudarto, Chicko Roorah dan Herlina.

Kehadiran mereka merupakan tim dan pembalap wanita pertama yang mengikuti event balap ketahanan yang sangat bergengsi saat itu.

Pasangan Beng Soeswanto dan Andre Timothy tampil sebagai juara di kelas paling bergengsi D 1.601-2.000cc dengan mengendarai Mazda Astina mampu menyelesaikan 374 laps dengan jarak tempuh 1.757,8 km.

"Endurance Race tahun 1991, berarti ada pembalap saat ini yang baru lahir ya. Dia baru lahir, kita sudah balap 15 jam," kilah Ria Sungkar,  pembalap 4 generasi yang sangat langka dan di usianya kini berkepala 6 masih aktif serta nyetir sendiri. 

Sehat selalu ya, Bu Ria Sungkar. (bs)   

 

 

   

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo