mobilinanews

Ini Sosok Desainer Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Jum'at, 22/04/2022 12:08 WIB
Ini Sosok Desainer Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Irawan Sucahyono dengan latar belakang Jakarta International E-Prix Circuit Ancol yang telah rampung pembangunnya.

mobilinanews (Jakarta) - Mungkin masih ada yang penasaran, siapa sebenarnya desainer Jakarta International E-Prix Circuit (JIEP) Ancol Timur, Jakarta Utara yang akan dipakai kejuaraan dunia balap mobil listrik FIA Formula E, 4 Juni 2022 mendatang.

Iya, Irawan Sucahyono sosok yang dimaksud itu. Bukan sosok sembarangan. Irawan pernah menjadi Ketua Bidang Olahraga, dan Sekjen PP IMI. Saat ini, pria kalem adalah advisor Sentul International Circuit.

Namun, Irawan agak malu-malu ketika dikonfirmasi terkait JIEC di Ancol Timur sepanjang 2,4 km dengan 18 tikungan yang telah rampung dan dibangun hanya 2 bulan saja itu.

"Awalnya memang saya (yang desain sirkuit FE di Ancol). Namun untuk detilnya dibantu oleh orang FEO (Formula E Operations) dan FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia)," buka Irawan kepada mobilinanews.

Soal desainnya yang mirip kuda lumping (jaran kepang), Irawan menjelaskan itu sebagai kebetulan.

"Tidak sengaja kalau lay out-nya kemudian kata beberapa orang mirip kuda lumping. Yang benar, desain atau lay out itu menyesuaikan kondisi areal dan kontur tanah yang ada di kawasan Ancol Timur itu," terang ayah dari Ferryl Irawan ini.

Kalau yang direvisi FEO dan FIA itu karena apa?

"Revisi itu tidak pada lay out atau desain sirkuit. Tapi menyangkut masalah safety (keselamatan), pada salah satu tikungan. Di mana FIA minta agar run off nya diubah sedikit, dan langsung kita kerjakan," jelas Irawan.

Selain mantan perally (time rally) dan pengurus PP IMI (kini IMI Pusat), Irawan juga berteman baik dengan Hermann Tilke desainer sirkuit kelas wahid asal Jerman itu.

Ternyata pula, Irawan yang kini dipercaya sebagai Vice President Infrastructure dan General Affairs Formula E Jakarta adalah desainer sirkuit street race BSD City GP Tangerang yang sempat digelar 3 kali di dua lokasi berbeda. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo