mobilinanews

MotoGP 2022 Portugal: Tercepat di Sesi Latihan Resmi, Marc Marquez Pastikan Akan Main Menyerang

Jum'at, 22/04/2022 20:12 WIB
MotoGP 2022 Portugal: Tercepat di Sesi Latihan Resmi, Marc Marquez Pastikan Akan Main Menyerang
Marc Marquez (Spanyol/Honda) bakal menyerang setelah merasa nyaman di atas motornya. (Foto: motorsportweek)

mobilinanews (Portugal) - Setelah tampil keren di lintasan kering GP Amerika lalu kini Marc Marquez tunjukkan kesiapannya di lintasan basah. Pemain tim Repsol Honda ini tercepat di sesi Free Practice (FP) 1 GP Portugal, Sirkuit Algarve, Jumat (22-4-2022) yang belangsung di bawah siraman hujan. Itu sinyal untuk melawan.

Ya, penampilan come back Marquez memang menarik di atas RC213V yang baru ia `kenal` karena perubahan karakter, bertolak belakang dengan motor biasanya.

Seperti di Austin lalu, ia tak memasang target jelas di Portimao. Karena ia masih meraba-raba letak kelebihannya dibandingkan  motor dan pembalap tim lain.

"Pada situasi saat ini sangat sulit menetapkan target jelas apakah mengincar posisi 10 Besar, 5 Besar, podium atau jadi juara. Yang jelas DNA saya adalah menyerang, tipikal saya selalu nge-push lawan. Kalau motor saya memungkinkan untuk podium atau juara maka itulah yang akan saya kejar," katanya.

Seperti di Austin, pendekatan Marquez di Algarve pun tidak mematok target podium atau juara. Itu akan ia tentukan saat race, seberapa tangguh motornya dibandingkan lawan dan seberapa nyaman dirinya di atas RC213V. 

"Yang paling penting adalah perasaan saya di atas motor, memahami bagian-bagian yang bisa dimaksimalkan dalam race. Setelah itu baru berpikir podium atau menang, tahap demi tahap. Saat ini mungkin posisi realistis saya di 5 Besar. tapi jika kondisi memungkinkan fight ke podium maka saya akan ambil resiko untuk mengambilnya. Fight seperti biasanya," ungkapnya.

Secara fisik tak tampak masalah fisik pada Marquez saat melakoni FP1 di Algarve di dekat Kota Portimao itu.

Ia mencetak best lap 1:50,666 atau unggul hanya 0,036 detik atas Joan Mir (Suzuki). Urutan 3 hingga 6 dihuni Marco Bezzecchi (VR46 Ducati), Johann Zarco (Pramac Ducati), Miguel Oliveira (KTM) dan Maverick Vinales (Aprilia).

Artinya, terdapat 5 pabrikan berbeda di 6 posisi tercepat. Menggambarkan betapa rivalitas antar pabrikan memang ketat.

Sesi FP2 beberapa saat lagi diprediksi juga diwarnai hujan. Sementara sesi FP3 dan kaulifikasi pada Sabtu (23/4) belum bisa dipastikan kondisi cuacanya.

Namun, bagaimana pun nanti cuacanya, bisa ditebak penampilan menyerang Marquez akan berlanjut. Mau basah atau lintasan kering tetap menyerang.

Penampilan di Austin dan FP1 hari ini di Algarve membuktikan rasa percaya dirinya yang semakin bertumbuh di atas RC213V. Setidaknya ini sudah menjadi sinyal kalau Marquez adalah ancaman buat pembalap lain.

Dua juara dari 2 seri MotoGP di Portugal tahun lalu, Fabio Quartararo (Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Ducati), untuk sementara tampil mengecewakan di FP1. 

Quartararo terpuruk di P18 sementara Bagnaia di urutan 8. Hujan adalah penyebab keduanya gagal mencetak waktu yang kompetitif. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo