mobilinanews

MotoGP 2022 : Refreshing di Sirkuit Milik Alonso, Bikin Aleix Espargaro Bisa Senyum Songsong GP Italia

Kamis, 19/05/2022 03:08 WIB
MotoGP 2022 : Refreshing di Sirkuit Milik Alonso, Bikin Aleix Espargaro Bisa Senyum Songsong GP Italia
Aleix Espargaro (Aprilia) naik motor mini dan Fernando Alonso menggeber gokart di trek pribadi milik pembalap F1 itu di Spanyol. (Foto: ist)

mobilinanews (Spanyol) - Aleix Espargaro membuat beberapa catatan menjadi sejarah baru Aprilia di kancah MotoGP tahun ini.

Ia sempat memuncaki klasemen pembalap dan kini berada di 3 Besar, kemenangan pertama Aprilia di MotoGP,  juga 3 Besar konstruktor plus pemimpin kejuaraan tim yang sebelumnya tak pernah diraih Aprilia.

Meski sukses besar membawa Aprilia ke level atas, ternyata masa depan Aleix di Aprilia belum jelas, setidaknya sampai GP Prancis lalu di mana ia finish podium ketiga.

Usai GP AS lalu sebenarnya sudah ada proposal perpanjangan kontrak untuk dua musim ke depan, 2023 dan 2024, hanya saja detllnya tak sesuai harapan Aleix dan karena itu kesepakatan tertunda.

"Saya sama sekali tak tahu bagaimana masa depan saya di Aprilia. Tapi, yang terpenting saat ini adalah motor yang saya miliki benar-benar sesuai dengan impian saya sejak bergabung dan membangun motor ini. Para insinyur Aprilia berhasil membangun motor yang saya impikan. Ini saja sudah membuat saya bahagia," ucap Aleix yang membesut Aprilia sejak 2017.

Loyalitasnya di Aprilia tak diragukan. Begitu pun peran sentralnya memberikan masukan ke para teknisi untuk pengembangan. Baru tahun ini memetik hasilnya dengan 1 kemenangan dan 3 podium.

Dari 7 race selalu finish di zona podium. Konsistensi ini membuat Aleix mendadak jadi salah satu kandidat yang berpotensi ikut berebut gelar 2022.

Di tengah ketidakpastian kontrk baru itu, Aleix dan rekan satu timnya - Maverick Vinales - pun menerima tawaran bersenang-senang dari duet pembalap F1 di tim Alpine, Fernando Alonso dan Esteban Ocon.

Di sirkuit pribadi milik Alonso di Oveido, Spanyol Utara, itu keempatnya `balapan` dengan motor mini dan gokarts. Hajatan ini murni sebagai ajang rileks, terlebih buat Alonso dan Ocon yang akhir pekan ini mengikuti balap F1 GP Spanyol di Catalunya.

Bagi Aleix dan Vinales, kegiatan itu juga refreshing jelang GP Italia akhir pekan depan di Sirkuit Mugello. Race ini penting karena Aprilia bertindak sebagai tim pabrikan tuan rumah Italia, bersaing dengan Ducati.

Jelas, Aleix membidik kemenangan di sana sekaligu untuk semakin menekan Fabio Quartararo (Yamaha) di kalsemen pembalap. Alonso yang merupakan juara dunia F1 2005 dan 2006 pun memberikan support dan doanya untuk pembalap sesama Spanyol itu.

Akhirnya, bersenang-senang seharian pada Selasa (17/5) itu pun berakhir dengan rasa senang berikutnya buat Aleix. Ia mendapat kabar kalau syarat perpanjangan kontraknya sudah disetujui petinggi Aprilia.

Rencananya penandatanganan kontrak baru akan berlangsung jelang GP Italia pada 27-29 Mei nanti. Artinya ia kini bisa lebih tenang menuju Mugello dan bersiap ncuri hati para tifosi tuan rumah. 

Saat ini Aleix hanya tertinggal 4 poin dari Quartararo di klasemen sementara. Jika  juara di Mugello maka Aleix akan jadi pemimpin baru klasemen pembalap sementara MotoGP 2022.

Itu bukan hal mustahil seperti ia tunjukkan di GP Argentina sebagai juara yang tak terduga. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo