mobilinanews

Jakarta Mods Mayday 2022 Dengan Tikum Scooter Riding Lapangan Banteng dan Event Festival di Epiwalk Rasuna

Jum'at, 27/05/2022 00:18 WIB
Jakarta Mods Mayday 2022 Dengan Tikum Scooter Riding Lapangan Banteng dan Event Festival di Epiwalk Rasuna
Jakarta Mods Mayday Kembali Bangkit 2022, dengan titik kumpul Riding Scooter di Lapangan Banteng dan Event Festival di Epiwalk Rasuna Epicentrum Kuningan Jaksel

mobilinanews (Jakarta) - Setelah vakum selama dua tahun lantaran seluruh dunia termasuk Indonesia dilanda pandemi Covid-19, akhirnya Jakarta Mods Mayday kembali diselenggarakan tahun ini.

Acara akan dilangsungkan pada Sabtu, 28 Mei 2022 dimulai dari titik kumpul Scooter Riding di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dan dilanjutkan event festival bertempat di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Jakarta Mods Mayday (JMMD) adalah sebuah gerakan dan sekaligus festival dengan pilar utama otomotif motor skuter yang dikolaborasikan dengan musik dan fashion berlatarbelakang sub-budaya Mod atau yang lebih dikenal Subkultur Mod. 

Subkultur Mods itu sendiri muncul pertama kali pada awal 1960-an. Mods terbentuk dari gerakan para pemuda ‘underground’ di sudut distrik Soho West End, Inggris melalui semarak yang tercipta dari berbagai klub malam.

Mods diinisiasi para anak muda yang bekerja sebagai buruh dari kalangan menengah ke bawah yang didiskriminasi masyarakat karena derajatnya tidak sebanding kaum bangsawan.

Karena ketimpangan sosial tersebut, para anak muda ini mulai melakukan pergerakan dengan menciptakan sub-kultural bernama Mods. Mods berasal dari kata ‘modernist’ yang artinya tampil dengan gaya modis atau modern.

Pete Meaden sebagai salah satu tokoh Mod ternama menggambarkan subkultur ini dalam cara pandang "Hidup bersih dalam keadaan sulit" karena hal ini mampu memotivasi gaya hidup kaum muda kelas pekerja mendedikasikan pendapatan yang mereka miliki untuk mengembangkan penampilan yang cerdas dan berkelas. 

Dengan semangat kelas pekerja, Subkultur Mods dapat bertahan hingga saat ini dengan fokus pada Skuter, Musik dan Fashion, menyebar ke berbagai negara dan terus berlanjut hingga hari ini dalam skala besar.

Perkembangan Mods Di Indonesia 

Pertengahan tahun 1990-an, musik underground semakin booming dengan berbagai genre yang berkembang termasuk skinhead dan punk.

Istilah Mods pada era 90-an ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Di Indonesia, budaya mods mulai disadari sebagian kaum muda sejak tahun 2000 di mana Scooter, Fashion dan Music menjadi satu.

Gerakan Mod yang paling populer di Indonesia melalui Mods Mayday sebagai acara tahunan yang dirayakan para Mods dan Scooterist di setiap kota selama bulan Mei.

Salah satu Mods Mayday terbesar yang diselenggarakan warga Jakarta melalui Jakarta Mods Mayday yang dimulai pada 2008. Event pertama Jakarta Mods Mayday itu hingga hari ini  buah dari inisiasi Warriors Jakarta.

Tahun ini, JMMD 2022 kembali diselenggarakan Warriors Jakarta bekerjasama dengan Threego Indonesia dan mengusung tema ‘Direction-Reaction-Creation’.

Tiga pilar utama dalam JMMD 2022 adalah scooter, sound dan style yang dikreasikan dalam bentuk Scooter Riding, Scooter Exhibition, Fashion Show, Talkshow, dan Music Performance.

Untuk Scooter Riding, kegiatan dimulai melalui meeting point di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pukul 08.00 WIB. Scooter Riding dapat diikuti para pengendara motor dari merk Vespa/Lambreta.

Rolling thunder ini akan berakhir di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan yang menjadi lokasi para peserta atau pengunjung JMMD menikmati berbagai live performance. Panitia menargetkan akan ada 1000 skuter dan 2000 peserta yang meramaikan kegiatan ini. 

Pada sesi ini, akan dihadiri pereli Rifat Sungkar yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Mobility IMI Pusat yang akan membuka rangkaian Scooter Riding dalam prosesi Flag-Off saat melepas para peserta Jakarta Mods Mayday 2022 melakukan rolling thunder.

Event JMMD 2022 turut menghadirkan berbagai konten acara hiburan mulai dari DJ & Band Performance, Fashion Runaway, Art Exhibition, Scooter Exhibition, dan keseruan lainnya.

Line Up performer pada JMMD 2022 ini menghadirkan berbagai kolaborasi antara sesama musisi, seniman, hingga brand lokal yang turut mengisi konten acara. 

Line Up Band yakni Attracts x Innocenti, Fleur!, Motives, Thee Marloes, Skastra, Diskoria. 

Line Up DJs : Lady Emma (Singapore), Gimanzz, Kumyka, Fever Soundsystem, Nutty Sina, Satria Ramadhan.

Line Up Art Gallery & Exhibition : Komikazer, Desaac Ibrahim, Sad Music for, Kids, Alienpang, Astorps, Mongkiboy, Arevmujahidin, Bertusi, Philipponk, Hanna Madness dan Andre David

MC : Adit Insomnia, Tanayu, Adjisdoaibu dan Gilang Gombloh. 

Performance dari sejumlah line up internasional pun turut memeriahkan acara tahunan ini secara virtual. Di mana penampilan ini dapat dinikmati di main stage area melalui screen.

Internasional Line Up ini teridiri dari Band yaitu Les Cappuccino (Japan), Motel’s Sofa (Japan), Awesome Life (Korea) dan DJ antara lain Mimi (Korea), Minechiyo (Jepang), dan Jawa Jones (UK).

Bagi yang tertarik datang, peserta bisa membeli tiket seharga Rp 150.000,-/orang secara "ON THE SPOT" melaui Ticket Box yang terletak di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum pada hari H (Sabtu, 28, Mei 2022) mulai pukul 10.30 WIB.

Ikuti terus berita terkini dari Jakarta Mods Mayday 2022, Instagram: https://www.instagram.com/jkt_modsmayday/. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo