mobilinanews

Ribuan Skuteris Ramaikan Jakarta Mods MayDay 2022, Rifat Sungkar : Apresiasi Tinggi Untuk Pecinta Vespa!

Selasa, 31/05/2022 14:15 WIB
Ribuan Skuteris Ramaikan Jakarta Mods MayDay 2022, Rifat Sungkar : Apresiasi Tinggi Untuk Pecinta Vespa!
Rifat Sungkar (Waketum Mobility IMI Pusat) hadir bersama ribuan skuteris meramaikan Jakarta Mods MayDay 2022 dipusatkan di Epiwalk Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan

mobilinanews (Jakarta)  - Ribuan pecinta skuter atau yang lebih dikenal dengan sebutan scooterist,  Sabtu (28/5/2022) berkumpul di Epiwalk, Jakarta Selatan memeriahkan acara Jakarta Mods MayDay 2022 yang diselenggarakan Warriors Jakarta bekerjasama dengan Threego Indonesia. 

Meski sempat vakum selama 2 tahun lantaran pandemi, ternyata tidak menyurutkan semangat para scooterist menghadiri kegiatan ini.

Hal tersebut terlihat dari hadirnya sekitar 4 ribu peserta yang meramaikan acara tahunan ini, sukses menarik animo tak kurang dari seribu pecinta Vespa. 

Tahun ini, JMMD 2022 mengusung tema ‘Direction-Reaction-Creation’. Tiga pilar utama dalam JMMD 2022 adalah scooter, sound dan style yang dikreasikan dalam bentuk Scooter Riding, Scooter Exhibition, Fashion Show, Talkshow, dan Music Performance.

Mod adalah sebuah subkultur yang lahir dari kalangan kelas pekerja Inggris pada awal tahun 60an. Elemen penting dari subkultur Mod adalah fashion, musik (Soul, RnB, Jazz) dan Skuter (Lambretta & Vespa). Subkultur Mod dapat bertahan hingga saat ini karena ketiga elemen tersebut (fashion, musik dan skuter) yang tidak lekang oleh waktu.

Rolling thunder ini diawali dengan pelepasan para skuteris oleh Rifat Sungkar, pembalap nasional sekaligus Wakil Ketua Umum Mobilitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Ia agak menyayangkan acara seseru ini sedikit terhalang oleh hujan di pagi hari.

"Tetapi, gue sama sekali tidak kecewa. Hari ini ramai banget, salut sama kalian yang hadir. Di sini terlihat sekali kesolidan para penggemar otomotif, khususnya pecinta skuter Vespa. Apresiasi tinggi dari saya dan IMI kepada kalian,” kata Rifat dalam sambutannya.

Project Owner Warriors Indonesia Adhitya Murti dari komunitas Warriors Jakarta mengatakan, “Kami senang ya, karena meski sempat terhenti 2 tahun karena pandemi, tapi antusiasme scooterist hari ini di luar dugaan. Ternyata pada rindu," ujar Adhitya di Epiwalk Kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan.

Hal senada diungkapkan Trisno Agung sebagai Program Director Warriors Indonesia yang menyatakan tidak menyangka acara hari ini berjalan dengan sukses dan banyak peminatnya. 

"Persiapannya nggak sampai dua bulan tapi antusiasme peserta yang hadir ini sangat luar biasa. Semoga tahun depan pandemi udah berakhir ya jadi kita bisa terus selenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya seperti sebelum-sebelumnya," ujarnya. 

Perkembangan Mods Di Indonesia 

Pertengahan tahun 1990-an, musik underground semakin booming dengan berbagai genre yang berkembang termasuk skinhead dan punk. Istilah Mods pada era 90-an ini belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Di Indonesia, budaya mods mulai disadari sebagian kaum muda sejak tahun 2000 dimana Scooter, Fashion dan Music menjadi satu.

Gerakan Mod yang paling populer di Indonesia adalah melalui Mods Mayday sebagai acara tahunan yang dirayakan oleh para Mods dan Scooterist di setiap kota selama bulan Mei.

Salah satu Mods Mayday terbesar adalah yang diselenggarakan oleh warga Jakarta melalui Jakarta Mods Mayday yang dimulai pada tahun 2008.  Event pertama Jakarta Mods Mayday pada 2008 hingga hari ini adalah buah dari inisiasi Warriors Jakarta.

Untuk Scooter Riding, kegiatan ini dimulai melalui meeting point di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pukul 08.00 WIB. Scooter Riding dapat diikuti oleh para pengendara motor dari merk Vespa/Lambreta.

Rolling thunder ini akan berakhir di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan yang menjadi lokasi untuk para peserta atau pengunjung JMMD menikmati berbagai live performance. Panitia menargetkan akan ada 1000 skuter dan 2000 peserta yang meramaikan kegiatan ini. 

Pada sesi ini, dihadiri oleh pembalap Rifat Sungkar yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia atau IMI bidang Mobility yang akan membuka rangkaian Scooter Riding dalam prosesi Flag-Off saat melepas para peserta Jakarta Mods Mayday 2022 melakukan rolling thunder.

Event JMMD 2022 turut menghadirkan berbagai konten acara hiburan mulai dari DJ & Band Performance, Fashion Runaway, Art Exhibition, Scooter Exhibition, dan keseruan lainnya. Line Up performer pada JMMD 2022 ini menghadirkan berbagai kolaborasi antara sesama musisi, seniman, hingga brand lokal yang turut mengisi konten acara. 

Line Up Band 
Attracts x Innocenti, Fleur!, Motives, Thee Marloes, Skastra, Diskoria. 

Line Up DJs
Lady Emma (Singapore), Gimanzz, Kumyka, Fever Soundsystem, Nutty Sina, Satria Ramadhan

Line Up Art Gallery & Exhibition
Komikazer, Desaac Ibrahim, Sad Music for, Kids, Alienpang, Astorps, Mongkiboy, Arevmujahidin, Bertusi, Philipponk, Hanna Madness dan Andre David

MC
Adit Insomnia, Tanayu, Adjisdoaibu dan Gilang Gombloh. 

Performance dari sejumlah line up internasional pun turut memeriahkan acara tahunan ini secara virtual.

Di mana penampilan ini dapat dinikmati di main stage area melalui screen. Internasional Line Up ini teridiri dari Band yaitu Les Cappuccino (Japan), Motel’s Sofa (Japan), Awesome Life (Korea) dan DJ antara lain Mimi (Korea), Minechiyo (Jepang), dan Jawa Jones (UK). (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo