mobilinanews

MotoGP 2022 Catalunya: Aleix Espargaro Raih Pole, Bakal Bersaing Ketat Dengan Rider Ducati dan Yamaha Ini!

Minggu, 05/06/2022 02:28 WIB
MotoGP 2022 Catalunya: Aleix Espargaro Raih Pole, Bakal Bersaing Ketat Dengan Rider Ducati dan Yamaha Ini!
Aleix Espargaro (Spanyol/Aprilia), serba pink dan status favorit ke raceday GP Catalunya besok. (Foto: motogp)

mobilinanews (Spanyol) - Tiga rider top musim ini dari 3 pabrikan dan negara berbeda bakal start dari front row GP Catalunya pada Minggu (5-6-2022) besok di Barcelona, Spanyol. Bisakah Aleix Espargaro sandingkan pole position dengan kemenangan?

Pertanyaan itu layak dijawab: bisa. Pasalnya, banyak hal yang menjadi faktor mengunggulkannya sebagai race winner. Bukan hanya karena memulai start dari P1, tetapi lebih karena performa Aprilia RS-GP besutannya di semua sesi latihan. Tiga besar di FP1 kemudian ia balas dengan P1 di FP2, 3 dan 4.

"Tak ada sedikit pun kekurangan pada motor. Jika tetap begini dalam race, saya pikir kami bisa berjuang menjadi juara. Saya sangat antusias menyongsong balapan, di depan publik sendiri," ucap Aleix yang menjadi local hero di GP Catalunya.

Aspek lain adalah motivasi yang tengah meluap-luap untuk persembahan piala kemenangan buat putri kesayangannya, Mia, yang berusia 4 tahun.

Aleix menjadi pole sitter setelah bukukan catatan waktu 1:38,742 sekaligus jadi rekor baru kecepatan MotoGP di sirkuit tersebut.

Ini pole keduanya musim 2022 setelah di GP Argentina silam. Di negeri Amerika Latin itu Aleix bisa mengawinkan pole sitter dengan kemenangan. Perkawinan sama yang ia dan fans Spanyol ingin bisa dirayakan seusai race besok.

Aleix bilang akan lakukan apa pun untuk meraih trofi kemenangan buat keluarga yang ia cintai dengan simbol pernak-pernik berwarna pink yang digunakan saat balapan.

Ia tahu balapan esok tak akan mudah dilalui karena pembalap sekaliber Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Yamaha) akan start bareng dengannya dari front row. Mereka bertiga adalah rider agresif sehingga sulit memprediksi apa yang akan terjadi dari garis start hingga 3 tikungan pertama di Catalunya.

"Saya harap mulus di garis start. Dua rival saya jelas tak mudah dikalahkan. Saya kira penonton akan menikmati serunya balapan besok," ujarnya.

Ya, jika tak ada insiden di awal, ketiga pembalap dari 3 pabrikan dan 3 negara berbeda itu akan menyajikan duel yang menarik. Semuanya demi poin di kejuaraan dunia.

Aleix butuh kemenangan untuk memepet atau bahkan menurunkan Quartararo sebagai pemimpin klaemen sementara. Keduanya hanya dipisahkan 8 poin. Jika ia juara dan Quartararo gagal jadi runner up maka di situlah pergantian penguasa baru di klasemen.

Hal sama jadi sasaran Bagnaia yang juga on fire setelah kemenangan di GP Italia lalu. Hanya kemenangan yang membuat posisi Bagnaia bisa semakin nyaman. Pasalnya, ia berada di posisi 4 klasemen baru dengan total poin 81. Tertinggal jauh dari Quartararo (122) dan Aleix (114) yang menempati P1 dan P2.

Lantas siapa yang akan bisa hentikan dominasi Aleix di home race-nya? Akankah Aleix jadi pemimpin baru klasemen sementara? (rnp)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo