mobilinanews

Sempat Diragukan, Team Racing Committee Jakarta E-Prix 2022 Pimpinan Ananda Mikola Dipuji Formula E Operation dan FIA

Senin, 06/06/2022 13:58 WIB
Sempat Diragukan, Team Racing Committee Jakarta E-Prix 2022 Pimpinan Ananda Mikola Dipuji Formula E Operation dan FIA
Searah jarum jam, dari kiri atas Bagoes Hermanto disalami Presiden Jokowi, para marshal, Ananda Mikola, perwakilan FIA, Ananda Mikola dan Dani Sarwono. (foto : kolase)

mobilinanews (Jakarta) - Sempat diragukan, team Racing Committee (RC) Jakarta E-Prix yang dikomandani Ananda Mikola sukses menjalankan round 9 kejuaraan dunia balap mobil electric Formula E 2022 tersebut dengan sukses dan lancar.

Pihak FEO (Formula E Operation) dan FIA pun memberikan pujian kepada team RC yang merupakan representasi IMI Pusat, terdiri-dari RC Sentul International Circuit, Pengprov IMI DKI Jakarta, Pengprov IMI Jawa Barat, Pengprov IMI Banten serta ratusan volunteer dari siswa SMA dan mahasiswa.

"Alhamdulillah, Jakarta E-Prix berlangsung lancar dan tidak ada kejadian yang membuat event kejuaraan dunia balap mobil di Indonesia terhambat misalnya. Ini tentu berkat kesiapan, trainning intensif plus pengalaman, di bawah pimpinan mas Ananda Mikola selaku Chief de Mission," ujar Dani Sarwono selaku CoC (Cleck of The Course) kepada mobilinanews.

Menurut Dani Sarwono yang selama ini juga dipercaya sebagai CoC ISSOM di sirkuit Sentul, salah satu fase krusial persiapan RC adalah trainning kepada para petugas RC dan marshal dalam 4 hari terakhir sebelum hari H pelaksanaan Jakarta E-Prix.

"Di sini, seluruh petugas lomba dan seluruh marshal mendapat trainning dari pihak FEO dan FIA, secara terus-menerus. Briefing, simulasi di sirkuit, trainning begitu seterusnya, hingga akhirnya ketika terjadi insiden salah satu pembalap yang mengalami insiden di R2 menuju R3, bisa diatasi dengan cepat. Dan pada lap berikutnya, safety car sudah keluar dan balapan kembali bisa dilanjutkan," ungkap Dani Sarwono.     

Persiapan RC secara efektif menurut Dani Sarwono hanya 2 bulan.

"Setelah pulang dari studi banding di Roma E-Prix, awal April lalu itu kita baru mulai bekerja, merekrut teman-teman dari Pengprov IMI, volunteer dan warga sekitar sirkuit Sentul. Tentu tidak mudah, selain karena dari berbagai berbagai kalangan dan daerah, kita juga sudah lama tak menyelenggarakan kejuaraan dunia olahraga mobil," anjut Dani Sarwono yang juga Direktur Safety Olahraga Mobil IMI Pusat. 

Kesuksesan ini, sekaligus Dani Sarwono ingin menunjukkan kepada berbagai pihak, pihaknya ternyata bisa dan siap untuk menjalankan serta mengawal event roda empat international dan world series.

Sementara itu, Bagoes Hermanto selaku Deputy CoC juga bersyukur perhelatan akbar kejuaraan dunia Jakarta E-Prix berjalan lancar dan sukses. "Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia yang telah mendukung Jakarta E-Prix hingga berlangsung wow," ujar Bagoes Hermanto sambil tersenyum bangga.

Menurut Bagoes Hermanto, secara umum, persiapan RC telah dilaksanakan melalui beberapa tahapan dari tahapan seleksi, pembekalan, training, hingga hari H.

Pembalap senior Juara Formula Asia tahun 2007 asal Indonesia ini juga menyebutkan pihak FEO sempat meragukan kemampuan RC Indonesia dan ingin membawa RC dari luar negeri, termasuk dari Italia. 

"Kami sempat memahami jika pihak FEO sempat meragukan, karena kita memang sudah lama tidak menggelar event balap mobil international dan kejuaraan dunia. Namun kita semua yang di RC selalu mengikuti update event balap international dan memiliki experience," kata Bagoes Hermanto.  

Pihak FEO yang sempat ingin membawa RC dari luar negeri tersebut, lanjut Bagoes Hermanto, dengan tegas ditolak. "Tapi kita tolak, dan kita minta semua RC harus orang Indonesia. Dengan persiapan, pelatihan, simulasi dan pengalaman yang kita miliki, akhirnya bisa melaksanakan Jakarta E-Prix dengan sukses dan lancar," pungkas Bagoes Hermanto. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo