mobilinanews

Marrel Suryokusumo, Cucu Sri Sultan HB X Ternyata Sempat Kuliah Sambil Kerja Agar Bisa Balap!

Sabtu, 16/07/2022 02:08 WIB
Marrel Suryokusumo, Cucu Sri Sultan HB X Ternyata Sempat Kuliah Sambil Kerja Agar Bisa Balap!
Marrel Suryokusumo (kanan) dan co-driver Udi Baboe, perbedaan usia membuat mereka saling mengisi dan melengkapi. (foto: budi santen)

mobilinanews (Serang) - Pembalap Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo (28 tahun) ternyata sempat dilarang balapan oleh mamanya, Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono merupakan putri ke-2 dari Sri Sultan HB X dan Ratu Hemas.

Iya, Marrel yang berarti cucu dari Sri Sultan HB X tersebut adalah anak tunggal pasangan Erry Triawan Suryokusumo dan GKR Condrokirono.

"Dari kecil, saya sudah balap gokart di Jogja. Barengan dengan Fahmi MBG. Tapi, pas mau kuliah ke Inggris, ibu sempat mengultimatum saya : Fokus sekolah di UK, ibu hanya membiayai untuk kuliah. Selebihnya, kalau mau balap harus cari (uang) sendiri. Dan kalau ada salah satu mata kuliah yang field (tidak lulus), tidak boleh balap selamanya!," ungkap Marrel kepada mobilinanews.

Marrel menjawab itu semua dengan kerja keras selama 5 tahun kuliah jurusan Hubungan International di negerinya Pangeran Charles.

"Saya kuliah sambil kerja. Saya kerja di lingkungan kampus dengan menjadi panitia jika tengah mengundang pembicara dari luar, menjadi pemegang papan penunjuk untuk para calon siswa baru dan sejenis itu pokoknya," lanjut Marrel. 

Uang yang terkumpul, dipakai beli tiket pesawat pulang ke Indonesia agar bisa ikut balapan gokart. Begitu seterusnya selama 5 tahun.

Namun saat kuliah, Marrel juga all out. "Dari pagi hingga sore atau malam, di kampus. Biar tuntas, saya habiskan waktu di perpustakaan dan puji syukur tidak ada yang field serta hasilnya hampir cum laude," beber Marrel.

Setelah lulus, Marrel kembali ke Tanah Air dan orang tuanya sudah memberi lampu hijau untuk melanjutkan hobi balap. Namun bukan lagi gokart melainkan Sprint Rally dan Speed Offroad.

Melihat prestasi dan konsistensinya, kiprah Marrel di ajang motorsport mendapat support dari GT Radial ban terbaik produksi nasional sejak beberapa tahun terakhir.

Terkait kabar "berpisah" dengan tim Beagle, dibenarkan oleh Marrel. "Ada perbedaan visi. Kalau diterusin, malah sama-sama nggak baik. Tapi secara personal, kami masih baik-baik dengan Beagle sih," tutur Marrel.

Tentang Udi Baboe navigatornya saat ini yang usianya terpaut jauh?

"Justru itu, biar bisa menarik saya menjadi lebih dewasa. Tapi eee...ternyata om Udi juga enggak ngajarin dewasa dan bijak-bijak juga sama saya hehe...," papar Marrel disambut tertawa om Udi Baboe.

Meski suka bercanda, namun saat di trek Speed Offroad maupun Sprint Rally baik Marrel dan Ubi Baboe sangat serius dan berusaha selalu perfect.

So, mari kita saksikan bersama aksi Marrel Suryokusumo dengan mobil Can Am-nya di Banteng Gazpoll Kejurnas Speed Offroad 2022, Tembong Jaya, Serang. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo