mobilinanews

F1 2022: Tak Hanya Verstappen dan Leclerc, 4 Pembalap Ini Juga Punya Kans Menang di GP Prancis

Senin, 18/07/2022 01:18 WIB
F1 2022: Tak Hanya Verstappen dan Leclerc, 4 Pembalap Ini Juga Punya Kans Menang di GP Prancis
W13 besutan tim Mercedes di musim 2022, diperkirakan jadi ancaman nyata bagi tim Red Bull dan Ferrari di GP Prancis akhir pekan ini. (Foto: formula1news)

mobilinanewes (Inggris) - Sepanjang musim kompetisi F1 2022 saat ini hanya driver tim Red Bull (Max Verstappen dan Sergio Perez) serta Ferrari (Charles leclerc dan Carlos Sainz) yang mampu meraih kemenangan.

Di GP Prancis akhir pekan ini, 22-24 Juli 2022, ada dua pembalap lain yang juga punya kans jadi pemenang.

Kedua `pendatang baru` itu adalah duet Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell. Sedikit demi sedikit, W13 besutan mereka mulai mendekati kecepatan RB18 milik Red Bull dan F1-75 besutan Ferrari.

Progres berkesinambungan terlihat di GP Canada, Inggris dan Austria. Puncaknya diperkirakan terjadi di GP Prancis, Sirkuit Paul Ricard nanti.

Mercedes yang terus-menerus `membuang` uang untuk pengembangan, masih tetap melakukan hal sama. Ke Prancis, W13 dikabarkan akan membawa pengembangan lanjutan untuk meningkatkan performa yang sudah ada.

Team Principal Mercedes Toto Wolff dan Hamilton sudah mengingatkan hal itu. Setelah mampu tarung berebut podium di beberapa race terakhir, tiba saatnya mereka fight di baris depan berebut P1.

Ancaman itu sudah diprediksi Verstappen seusai GP Austria lalu. Ia bilang ada kemungkinan itimnya dan Mercedes akan mengobarkan lagi rivalitas yang muncul sepanjang tahun lalu.

Juara dunia 2021 itu memperkirakan ancaman Mercedes akan nyata di beberapa race akhir musim 2022.

Hal sama diapungkan bosnya di Red Bull, yakni Team Principal Christian Horner. Beda dengan Verstappen, Horner malah memperkirakan kebangkitan Mercedes sudah akan terlihat di Prancis pekan ini.

Tak perlu menunggu jelang akhir musim. Parameternya adalah progres Mercedes dalam dua race terakhir, di mana isu porpoising sudah mulai bisa ditangani Mercedes.

"Saya perkirakan kedua mobil Mercedes akan bertarung dengan Red Bull dan Ferrari di garis depan. Tak ada lagi tanda-tanda mereka bergelut dengan masalah porpoising," kata Horner.

Namun Horner mengaku senang jika Mercedes benar-benar bisa bangkit dan kembali kepada permainan di mana seharusnya mereka berada seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dengan demikian, katanya, potensi juara bukan lagi hanya milik para driver Red Bull dan Ferrari, tetapi juga terbuka buat Hamilton dan Russell yang sejauh ini konsisten bertarung ke zona podium.

"Akan ada 6 pembalap yang berebut P1. Terkadang hal itu bagus, lain waktu tak bagus. Tapi, untuk fans, ini akan sangat bagus. Balapan bakal semakin seru, panas, dan semakin sulit ditebak. Ini akan sangat menghibur fans F1."

Sejauh ini belum sekali pun Mercedes meraih kemenangan. Penghalang utama adalah porpoising yang membuat laju W13 mantul-mantul di trek yang tak mulus dan juga sering muncul di trek lurus saat berada pada speed maksimum.

Berita terbaru, Mercedes akan datang ke Paul Ricard dengan set up mesin yang berbeda. Itu adalah tahapan lanjutan setelah berbagai pengembangan di sektor aerodinamika, sasis dan kaki-kaki mobil.

Menarik menanti, apakah itu cukup untuk fight berebut P1 di Paul Ricard seperti prediksi Horner? (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo