mobilinanews

World Ducati Week 2022 di Sirkuit Misano, Adu Gengsi Joki MotoGP dan WSBK di Atas Ducati Panigale

Kamis, 21/07/2022 02:58 WIB
World Ducati Week 2022 di Sirkuit Misano, Adu Gengsi Joki MotoGP dan WSBK di Atas Ducati Panigale
WDW 2022 akhir pekan ini di sirkuit Misano, Italia, ajang adu joki MotoGP dan WSBK di atas Ducati Panigale. (Foto: ducati)

mobilinanews (Italia) - Edisi ke-11 World Ducati Week (WDW) berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, 22-24 Juli 2022. Bertepatan dengan masa libur kompetisi MotoGP, WSBK dan World SSP. Sekaligus masa bersenang-senang menjelang race berikut di serial balap masing-masing.

WDW ini semacam jambore khusus komunitas Ducati sedunia. Melibatkan Ducatisti dari seluruh dunia dengan berbagai acara, juga melibatkan para pembalap Ducati di berbagai ajang motorsport utama. Khususnya MotoGP dan superbike.

Mereka beradu dalam balapan one make race, dengan spek motor yang sama sehingga ada potensi para pembalap beda kasta itu bertempur adil dan menggiurkan.

Untuk edisi WDW kali ini motor yang digunakan adalah Ducati Panigale V4 S dan Panigale V2.

Ini jenis motor yang tak dipakai Ducati di ajang MotoGP tapi jadi motor wajib para joki Ducati menggunakannya dalam latihan rutin sebelum membesut Desmosedici mereka di trek MotoGP.

Total 21 pembalap Ducati akan ikut balapan ini. Mereka mewakili MotoGP, WSBK, dan World SSP.

Delegasi MotoGP yang sudah masuk list peserta antara lain adalah duet rider pabrikan Francesco Bagnaia dan Jack Miller, plus joki tim Pramac Ducati, Johann Zarco dan Jorge Martin. Nama unggulan dari ajang superbike adalah Alvaro Bautista dan Michael Rinaldi.

Siapa yang akan jadi juara?

Pertanyaan itu selalu menarik setiap kali WDW akan digelar. Pasanya, ini bukan kejuaraan serius, tapi mempengaruhi imej masing-masing di komunitas Ducati.

Ini kesempatan menarik perhatian para Ducatisti untuk mendapatkan dukungan personal yang dibutuhkan setiap pembalap.

Di atas kertas, Bagnaia adalah pembalap yang paling diunggulkan sebagaimana statusnya sebagai rider number one di skuad Ducati.

Tapi, 3 rider lainnya juga layak diperhitungkan karena kali ini semuanya tarung di atas motor yang sama. Peluang Bautista yang mantan joki MotoGP dan Rinaldi pun sama besarnya.

"Saya tak tahu siapa yang harus difavoritkan selabagi pemenang. Yang saya tahu adalah pembalap Italia selalu persiapkan diri ke event ini dengan serius karena ini event mereka. Mereka sudah rutin latihan dengan Panigale. Saya sendiri ke sana hanya untuk bersenang-senang dan bertemu Ducatisti dari seluruh penjuru," ujar Bautista, rider asal Spanyol yang tengah memimpin klasemen WSBK 2022.

"Yang pasti semua pembalap ingin membuktikan diri tercepat di sini. Ini bakal seru, semuanya berbekal motor jalanan. Bagnaia mungkin favorit, tapi Martin juga layak diperhitungkan meski saya belum pernah melihatnya di atas Panigale," timpal Rinaldi. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo