mobilinanews

Honda dan LG Umumkan Siap Membangun Pabrik Baterai Senilai 4,4 Miliar USD di Amerika

Rabu, 31/08/2022 00:28 WIB
Honda dan LG Umumkan Siap Membangun Pabrik Baterai Senilai 4,4 Miliar USD di Amerika
Honda dan LG tandatangani Joint Venture Agreement dalam pengembangan mobil listrik

mobilinanews (Amerika) - Pabrikan mobil asal Jepang, Honda kini semakin gencar mengembangkan mobil listrik. Mereka punya rencana ambisius untuk memproduksi puluhan mobil listrik pada tahun 2030 mendatang.

Berkaitan dengan itu, mereka telah mempersiapkan basis produksi baterai yang handal dengan melakukan partnership bersama perusahaan raksasa teknologi LG dalam pengembangan mobil listrik.

Mereka telah resmi mengumumkan kehadiran pabrik baterai baru di Amerika Serikat (AS) dengan kapasitas tahunan 40 GWh setelah menggelontorkan investasi sebesar $ 4,4 miliar. Investasi besar ini diharapkan akan menggaransi kebutuhan baterai untuk setiap model yang dikembangkan

Jenis baterai lithium-ion khusus yang akan diproduksi di pabrik ini akan digunakan secara eksklusif pada model Honda dan Acura EV, yang ditujukan untuk pasar Amerika Utara. Menariknya, kapasitas tahunan yang ditargetkan 40 GWh identik dengan pabrik baterai VW Group di Valencia, Spanyol.

Honda dan LG mengumumkan bahwa usaha patungan baru mereka mulai berjalan pada tahun 2022, meskipun lokasi pasti pabrik di AS belum ditentukan.

"Kami berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang itu segera, karena konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada awal 2023. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, produksi sel baterai lithium-ion akan dimulai pada akhir 2025," kata Presiden, CEO dan Direktur Perwakilan Hond, Toshihiro Mibe.

Di antara tiga platform khusus EV yang telah dikonfirmasi dan akan mendukung 30 model listrik baru pada tahun 2030 dalam skala global, kandidat terbaik untuk baterai yang diproduksi di pabrik baru itu adalah Honda e.

Meskipun demikian, model lain yang akan menyusul akan lebih kaya untuk memenuhi pasar Amerika yang berkembang pesat. Ini berarti bahwa sumber baterai dari pabrik baru akan sangat berpengaruh dalam perspektif waktu.

Secara total, Honda ingin produksi EV tahunan di Amerika Utara mencapai 750.000 hingga 800.000 unit pada tahun 2030. Hal ini tentu akan memantik persaingan yang luar biasa bagi perkembangan elektrifikasi di dunia.

CEO LG Energy Solution, Youngsoo Kwon mengatakan perusahaan patungan yang mereka dirikan dengan Honda, memiliki reputasi merek yang signifikan, merupakan tonggak baru bagi perkembangan elsktrifikasi di dunia.

"Kami akan menjadi bagian penting dalam mempromosikan elektrifikasi di masa depan. Kolaborasi ini sangat tepat karena menggabubgkan dua perusahaan dengan reputasi merek yang sangat besar dan mendunia," tuturnya

Sementara Toshihiro Mibe menambahkan bahwa sebagai pembuat mobil mereka berkomitmen untuk pengadaan baterai EV lokal untuk banyak pasar di dunia termasuk di Negeri Paman Sam, agar membuat mobil listrik memiliki harga lebih terjangkau.(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo