mobilinanews

MotoGP 2022 Aragon: Quartararo Out, Termakan Ucapan Sendiri, Perebutan Gelar 2022 Semakin Ketat

Minggu, 18/09/2022 19:31 WIB
MotoGP 2022 Aragon: Quartararo Out, Termakan Ucapan Sendiri, Perebutan Gelar 2022 Semakin Ketat
Fabio Quartararo (Prancis/Yamaha) semakin rawan di klasemen. (Foto: motogp)

mobilinanews (Spanyol) - Niat dan ucapan Fabio Quartararo untuk fight dan ambil resiko selepas start GP Aragon, Minggu (18 September 2022), akhirnya benar terjadi. Resiko yang ia dapat harus dibayar sangat mahal, pulang tanpa poin.

Start dari P6 membuat juara dunia bertahan itu harus memilih bermain bertahan atau fight agar tak terlalu jauh dari Francesco Bagnaia (Ducati) yang pesaing utamanya dalam perebutan gelar. Quartararo unggul 30.poin sebekum lomba.

Pembalap andalan Yamaha itu akhirnya memilih fight selepas start untuk menyalip 2 atau 3 pembalap di depannya di lap pembuka.

"Ada kemungkinan senggolan atau crash. Tapi, saya harus ambil resiko itu. Tak ada solusi lain," kata Quartararo yang dikalahkan Bagnaia dalam 4 race terakhir dan kehilangan banyak poin.

Ternyata proses start Quartararo sama sekali tak mulus. Malah disalip beberapa pembalap, termasuk oleh Marc Marquez yang start dari posisi 13. Dan, baru 4 tikungan ditempuh, terjadilah insiden yang sangat merugikan Quartararo.

Motornya membentur ban belakang Marquez dan langsung terguling di lintasan, untung tak tertubruk pembalap lain yang bisa menghindarinya.

Quartararo langsung out dari balapan. Msrquez yang masih bisa bertahan di atas motornya kemudian juga masuk pit dan ikut berhenti karena kerusakan bagian belakang RC213V-nya.

Saat berita ini naik, Bagnaia memimpin balapan sejak garis start. Jika ia menang lagi, kali kelima beruntun, maka selisih poinnya di klasemen tinggal tersisa 5 angka dari Quartararo.

Artinya, perebutan gelar 2022 dipastikan semakin panas dalam 5 race terakhir yang 4 diantarnya berada di luar Eropa, yakni Jepang, Thailand, Australia, Malaysia, dan kembali ke Eropa dalam partai pamungkas di GP Valencia.

Sayangnya, tren kemenangan Bagnaia diputus justru oleh Enea Bastianini yang tak lain adalah rekan satu tim Bagnaia musim depan di pabrikan Ducati. Rider tim Gresini Ducati itu menyalip Bagnaia di lap terakhir. 

Kini Bagnaia tertinggal 10 poin di klasemen dari Quartararo. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo