mobilinanews

Siap Ekspansi Pasar Mobil Listrik, Honda Investasi 3,5 Miliar USD Untuk Membangun Pabrik Baterai

Kamis, 13/10/2022 01:48 WIB
Siap Ekspansi Pasar Mobil Listrik, Honda Investasi 3,5 Miliar USD Untuk Membangun Pabrik Baterai
Hamparan pabrik Honda di Ohio Amerika Serikat yang akan dikembangkan untuk memproduksi baterai mobil listrik

mobilinanews (Ohio) - Honda nampaknya semakin serius dengan kendaraan listrik. Pada beberapa kesempatan mereka telah menyampaikan bahwa kendaraan listrik menjadi masa depan otomotif yang tidak terelakan.

Tidak ingin ketinggalan `kereta`, Honda telah resmi mengumumkan investasi besarnya di salah satu pabrik terbesarnya di Ohio, Amerika untuk mempersiapkan pembangunan kendaraan listrik.

Pabrik di Ohio sendri merupakan salah satu fasilitas produksi yang telah beroperasi selama 45 tahun. Suntikan dana besar akan membuka kesempatan besar bagi pabrik ini untuk memulai produksi baterai untuk kendaraan listrik.

Melansir Carscoops, porsi terbesar dari investasi Honda akan masuk ke pabrik baterai joint venture yang didirikannya dengan LG Energy Solutions. Pengembangan pabrik akan menelan biaya total USD 3,5 miliar yang akan berlokasi di Fayette County, Ohio, sekitar 40 mil barat daya Columbus.

Pengembangan pabrik di Ohio ini diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2024, pabrik akan memiliki kapasitas produksi tahunan maksimum 40 GWh dan akan dioperasikan oleh 2.200 karyawan.

Model baterai yang diproduksi adalah baterai lithium-ion jenis tertentu yang akan menyuplai tenaga bagi model mobi listrik Honda e:Arsitektur yang akan dijual di Amerika Utara mulai tahun 2026.

Selain itu, Honda akan menginvestasikan USD 700 juta ke tiga pabrik Ohio yang ada untuk memperlengkapi persiapan elektrifikasi. Dana besar ini akan mengubah Pabrik Mobil Marysville Honda, Pabrik Mobil East Liberty, dan Pabrik Mesin Anna untuk ekspansi mobil masa depan Honda yang dialiri listrik.

Sebagai hasil dari investasi tersebut, Anna Engine Plant akan memproduksi casing baterai yang akan digabungkan dengan modul baterai yang diproduksi di pabrik baterai JV pada kendaraan baru yang diproduksi di dua pabrik mobil lainnya.

Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor Co., Inc., ob Nelson mengungkapkan investasi besar ini menjadi tantangan tersendiri bagi Honda untuk mengakselerasi produksi mobil listrik, sebagai kendaraan masa depan.

“Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi seluruh industri kami, tetapi juga waktu yang sangat menyenangkan karena Honda berinvestasi dalam produksi kendaraan listrik penuh di Buckeye State," ungkapnya.

Honda telah membangun kendaraan hibrida-listrik di Ohio selama beberapa tahun terakhir, dan pengalaman serta keahlian ini akan menjadi kekuatan untuk inovasi lanjutan dalam menghasilkan mobil masa depan.

"rekan-rekan kami punya pengalaman dengan elektrifikasi di bidang manufaktur, pengembangan produk, dan penjulan. Ini akan menjadi landasan penting saat kami bertransisi ke kendaraan masa depan yang dialiri listrik,” tukasnya.(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo