mobilinanews

Ingin Jadi Perusahaan Bebas Emisi, Amazon Investasi 1 Miliar Euro untuk Belanja Ribuan Van Listrik

Rabu, 12/10/2022 13:05 WIB
Ingin Jadi Perusahaan Bebas Emisi, Amazon Investasi  1 Miliar Euro untuk Belanja Ribuan Van Listrik
Mobil listrik operasional Amazon untuk angkutan barang

mobilinanews (Amerika) - Raksasa teknologi asal Amerika, Amazon mulai melirik kendaraan listrik. Sebagai perusahaan teksnologi yang banyak mengekspansi ragam bisnis hingga distribusi, mereka tertarik pada mobil listrik komersial.

Berkaitan dengan itu, Amazon telah mengumumkan akan menginvestasikan € 1 miliar untuk membeli van listrik sebagai mobil operasionalnya. Inti dari investasi tersebut adalah penambahan van dan truk pengiriman listrik.

Dengan keputusan tersebut, Amazon akan menjadi perusahaan terbesar yang menggunakan armada kendaraan listrik lebih dari tiga kali lipat di Eropa. Hal ini akan sangat baik untuk menjawab isu emisi gas buang.

Dalam laporan Carscoops, saat ini armada operasional Amazon mencapai 3 ribu unit. Pada tahun 2025, perusahaan asal Amerika itu berharap memiliki lebih dari 10 ribu kendaraan listrik yang berkeliaran di jalan.

Selain van listrik untuk pengiriman jarak jauh, perusahaan juga berencana untuk membeli lebih dari 1.500 truk, di tahun mendatang untuk pengiriman jarak menengah ke lokasi-lokasi yang tidak terlalu jauh.

Sejauh ini, Mercedes telah banyak berinvestasi untuk membawa truk listrik yang lebih besar ke jalan-jalan Eropa dan telah bermitra dengan Amazon untuk menguji penggunaannya di jalan-jalan umum.

Selain kendaraan listrik, Amazon akan berinvestasi untuk memasang pengisi daya di fasilitasnya di seluruh Eropa. Ini juga akan menggandakan jaringan hub mobilitas mikro Eropa yang saat ini dapat ditemukan di 20 kota di seluruh benua.

Dana segar € 1 miliar yang telah direncanakan Amazon untuk ekspansi EV ini, akan dihabiskan selama lima tahun ke depan dan akan mempercepat upayanya untuk menjadi perusahaan dengan zero emission. Perusahaan juga ingin memacu inovasi di seluruh industri transportasi.

Kebijakan Amazon ini telah didorong oleh keputusan Uni Eropa baru-baru ini, untuk menghentikan kendaraan pembakaran internal secara bertahap pada tahun 2035. Menindaklanjuti kebijakan itu, Negara-negara Uni Eropa telah mengamanatkan bahwa 50 persen dari semua van baru yang dijual pada tahun 2030 adalah Electric Vehicle.

Di Amerika, Amazon telah bermitra dengan Rivian, yang sedang membangun kendaraan komersial listrik di Negara Paman Sam. Namun Rivian baru-baru telah setuju untuk membuat usaha patungan dengan Mercedes untuk mulai membangun van listrik di Eropa.(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo