mobilinanews

MotoGP 2022 Malaysia: Drama Bagnaia, Lewati Jalan Berliku ke Raceday Penentuan

Sabtu, 22/10/2022 11:59 WIB
MotoGP 2022 Malaysia: Drama Bagnaia, Lewati Jalan Berliku ke Raceday Penentuan
Francesco Bagnaia (Italia/Ducati). (Foto: ist)

mobilinanews (Malaysia) - Seperti doa para awak Ducati, sesi Free Practice (FP3) GP Malaysia pada Sabtu (22 Oktober 2022) pagi ini berlangsung tanpa guyuran hujan. Sayang, ending-nya malah semakin menyulitkan posisi Francesco Bagnaia.

FP3 jadi kesempatan terakhir rider pabrikan Ducati ini mempertajam waktu agar lolos otomatis ke sesi kualifikasi Q2. Pasalnya, dari 2 latihan sebelumnya ia gagal masuk 10 Besar tecepat.

Masuk dengan ban lembut (soft tyre), Bagnaia terbilang dominan di papan atas timesheet FP3. Ia sangat lama berada di P1. 

Tapi di lima menit terakhir, petaka datang saat semua pembalap lakukan time attack untuk pertajam waktu masing-masing. Dan, saat itulah Bagnaia terjengkang saat membuntuti Fabio Quartararo (Yamaha) yang jadi rival utamanya dalam perebutan gelar 2022.

Seperti beberapa kali terjadi, pemilik nomor motor 63 itu terlalu agresif di area pengereman. Bikin ban depannya selip dan jatuh. Saat itu posisinya juga ditekan keras oleh Marc Marquez yang mencoba towing dengan menumpang pada kecepatan Bagnaia. Seperti yang ia lakukan di Australia dan sukses.

Alhasil, posisi dari P1 dengan cepat dilampaui rider lain. Ia turun ke posisi 11 yang artinya sore ini harus berlaga di sesi Q1. Menyedihkan karena ia terlempar dari 10 Besar justru kalah urutan dari Franco Morbidelli, rekan setim Quartararo. Padahal catatan waktu mereka sama: 1,59,1670.

Masuk jurang Q1 kembali membuat kubu Ducati ketar-ketir. Tak lain karena ancaman hujan yang turun sore nanti. Jika basah maka faktor keberuntungan bakal sangat dominan untuk menentukan dua pembalap teratas Q1 untuk bergabung di Q2. Dan, faktanya, sejak kemarin Bagnaia tak bisa dibilang sedang bernasib baik.

Parahnya, kalaupun lintasan Q1 kering, kans Bagnaia lolos ke Q2 pun tak bakal mudah. Untuk dapat 1 dari 2 tiket ke Q2, ia harus berebut dengan para pembalap sekaliber Marquez, Jack Miller, Johann Zarco dan Brad Binder.

Bagnaia saat ini unggul 14 poin atas Quartararo di klasemen. Karena itu posisi start yang bisa diraih keduanya dan ditentukan sore ini lumayan menegangkan, terutama buat kubu Ducati dan Bagnaia yang kudu menempuh jalan berliku di GP Malaysia yang sangat krusial dalam perburuan poin. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo