mobilinanews

H Jimmy Syamsudin : Surprise Bisa Sukses Menggelar 2 Kejurnas Rally 2022 dan Treknya Disukai Perally

Rabu, 26/10/2022 01:48 WIB
H Jimmy Syamsudin : Surprise Bisa Sukses Menggelar 2 Kejurnas Rally 2022 dan Treknya Disukai Perally
H Jimmy Syamsudin, masih enggak percaya jika mampu dan sukses menggelar 4 event Kejurnas Olahraga Mobil di Suwarnadwipa Nusantara Circuit, Muara Bungo, dalam durasi 2 minggu

mobilinanews (Muara Bungo) - Sebuah kisah sukses dan inspiratif dari sosok inisiator muda yang memprakarsai Muara Bungo sebagai salah satu pusat kegiatan motorsport di Sumatra telah berhasil menyihir jutaan orang. 

Itu setelah sukses menyelenggarakan 4 putaran Kejurnas olahraga mobil 2022 yaitu Adventure Offroad, Sprint Rally dan 2 putaran Kejurnas Rally 2022 yang bergengsi di Suwarnadwipa Nusantara Circuit, Muara Bungo, Jambi. Gokilnya, 4 event Kejurnas itu digelar dengan durasi hanya 2 minggu.

Sosok itu, H Jimmy Syamsudin Ibrahim, salah satu putra terbaik Kabupaten Bungo yang menyulap lahan kosong menjadi sebuah sirkuit tanah paling disukai offroader maupun perally yang dinamai Suwarnadwipa Nusantara Circuit (SNC).

Awal cerita ini, Jimmy - sapaan akrabnya di kalangan penggemar otomotif nasional maupun pengusaha Tanah Air, tengah melakukan touring bersama teman-temannya.

Tepatnya pada 2018 lalu, Jimmy yang bersama rekan-rekan dari Indonesia X Country Explorer (IXCE) sebuah komunitas mobil di Indonesia yang melakukan napak tilas touring ke Sumatra.

Saat itu, rombongan IXCE dengan mobil offroad mampir ke Muara Bungo dan sempat mengelilingi area Perumahan Green City milik keluarga besar Jimmy.

“Salah satu rekan itu namanya Aji Gunawan, bilang kenapa nggak sekalian dibikin sirkuit offroad dan rally?” ungkap Jimmy.

Dari perbincangan itu, Jimmy lalu menceritakan kepada koleganya Memen Harianto yang selama ini dikenal dan berkutat di ajang offroad. Gayung bersambut, maka dibangunlah sirkuit tanah untuk offroad dan Sprint Rally di areal perumahan seluas sekitar 1.200 hektar tersebut.

“Saya dari dulunya memang hobi di otomotif mobil, jadi banyak kawan-kawan pereli dan mereka menyambut dengan baik,” tutur ayah dua anak ini.

Selain itu, Jimmy termotivasi untuk mengenalkan Muara Bungo di tingkat nasional. Ia terus berupaya bagaimana cara mengajak kawan-kawannya melirik Muara Bungo. Hingga semakin kuat tekad pria 47 tahun ini untuk membangun sebuah sirkuit.

"Awalnya tidak menyangka bakal bisa menyelenggarakan kejuaraan nasional rally. Berkat keuletan Memen Harianto dan timmnya bisa terlaksana dengan baik, bahkan mendapat pujian dari hampir seluruh pereli Suwarnadwipa Nusantara Circuit sebagai salah satu yang terbaik dan disukai," terang Jimmy.

Menurut Jimmy, kehadiran sirkuit Suwarnadwipa Nusantara dan event mototrsport di Muara Bungo ini mendukung daya tarik para investor. Selain itu sekaligus mempromosikan Muara Bungo sebagai tujuan wisata otomotif nasional.

Meski diakui Jimmy, tidak serta merta mulus obsesi mulianya menjadikan Kota Muara Bungo sebagai Kota Otomotif serta kehadiran Suwarnadwipa Nusantara Circuit (SNC) menjadi torehan sejarah untuk perkembangan otomotif di Tanah Air.

“Orangtua dan keluarga sempat bilang, untuk apa bikin sirkuit di Muara Bungo. Tapi setelah terlaksana event Kejurnas Sprint Rally pada 2019 lalu, orang rame ke Muara Bungo, baru disadari multiplier effect economy bagi masyarakat,” beber Direktur Utama PT KBPC Group ini.

Pada perkembangannya, tak hanya untuk kejuaraan balap olahraga mobil semata, di Komplek Perumahan Green City di ruas lain dari sirkuit Suwarnadwipa Nusantara ini juga kerap dipakai ajang balap motor, drag bike serta drag race yang telah beberapa kali berlangsung. 

“Sekarang Kota Muara Bungo jadi ramai, pengunjung dari berbagai daerah kenal Muara Bungo, mereka tertarik dan terkesan di sini ada sirkuit balap bagus, kuliner enak dan kotanya yang tenang,” senyum Jimmy yang dikenal berjiwa sosial tinggi.

Pengalaman dan sepak terjang Jimmy di dunia otomotif telah memberikan bukti nyata. Ia tak sungkan minta pendapat, saran dan kritikan saat pembangunan sirkuit.

Itu karena hubungannya yang luas di kalangan komunitas otomotif. Bahkan tokoh sekelas Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna mantan Wakapolri sudah seperti orang tua sendiri, dan duduk sebagai Pembina Suwarnadwipa Nusantara Circuit. 

Hingga saat ini, Jimmy berkecimpug dan pernah menjabat sebagai Sekjen PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) Pusat. Ia juga aktif di IXCE (Indonesia X Country Explorer) serta Indonesian Motorhome Club (IMC).

“Saat ini mereka (pembalap dan pengunjung dari luar daerah) telah jatuh hati dan tertarik dengan Muara Bungo. Marilah kita sama-sama menjaga kenyamanan mereka. Kalau suasana kondusif, mereka jelas ingin kembali ke sini,” pungkas H Jimmy Syamsudin. (bs, dimensinews)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo