mobilinanews

Merawat Sokbreker Mobil Agar Tetap Nyaman Dipakai, Ini Tips dari Auto2000!

Selasa, 08/11/2022 11:05 WIB
Merawat Sokbreker Mobil Agar Tetap Nyaman Dipakai, Ini Tips dari Auto2000!
Teknisi Auto2000 sementara memeriksa kaki-kaki mobil konsumen

mobilinanews (Jakarta) – Shock absorber atau sokbreker adalah komponen penunjang kenyamanan mobil. Komponen ini penting terutama saat musim hujan. Ia membantu pengemudi dalam menstabilkan mobil dalam kondisi jalan yang baik, maupun rusak.

Sebagai komponen yang penting, maka shock breaker perlu mendapakan perhatian. Berkaitan dengan itu, Auto2000 memiliki tips khusus.

1. Mengemudi dengan Halus dan Tenang

Adanya shock breaker tak berarti berkendara seenaknya. Sebagai contoh, saat melewati polisi tidur atau lubang kurangi kecepatan. Jangan melakukan akselerasi dan pengereman mendadak yang membuat shock breaker bekerja keras. Mengemudilah dengan tenang supaya komponen kaki-kaki mobil tetap awet dan bekerja optimal.

2. Selalu Periksa Kondisi Shock Breaker

Periksa kondisi shock breaker mobil, seperti bagian per dan hidrolis serta oli. Termasuk karet pelindung, stoper, dan karet lainnya di kaki-kaki mobil. Jangan sampai ada kebocoran dan korosi karena akan kerjanya akan terganggu. Unutkitu, cuci kaki-kaki mobil agar tidak timbul kotoran dan karat.

3. Batasi Muatan Mobil

Jangan sampai muatan mobil melebihi daya angkut yang telah ditentukan. Bila demikian, shock breaker akan mengalami kebocoran dan berujung rusak kalau mobil dipaksakan overload. Selain itu, kelebihan muatan bakal membuat mobil sulit dikendalikan dan sangat berbahaya di kecepatan tinggi.

4. Spooring dan Balancing Secara Berkala

Ketika shock breaker mobil bermasalah, maka spooring akan sulit dilakukan sehingga dilakukan pemeriksaan mendetil. Balancing juga mengatur perputaran roda agar tidak bergetar atau terjadi getaran ban berlebih/tidak normal. Agar tidak repot, pastikan spooring balancing dilakukan bersamaan dengan servis berkala.

5. Rotasi Ban Mobil Secara Berkala

Merotasi ban depan dengan belakang perlu dilakukan karena ban depan biasanya lebih cepat habis daripada ban belakang. Kondisi ban yang selalu prima membantu shock breaker lebih mudah meredam guncangan yang terjadi.

Auto2000 merekomendasikan servis berkala mobil setiap 6 bulan sekali. Waktu servis berkala, shock breaker akan diperiksa untuk memastikan dalam kondisi normal. Roda juga bisa dispooring dan balancing, cek tekanan udara, serta rotasi ban agar kaki-kaki mobil memperoleh perawatan yang optimal.

“Shock breaker yang rusak membuat mobil sulit dikendalikan di musim hujan dan mengurangi kenyamanan penumpang. Solusinya, lakukan perawatan berkala termasuk pengecekan komponen kaki-kaki mobil untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang mengganggu,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, di Jakarta. (elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo