mobilinanews

Laporan Tunggul Birawa dari Buriram (Thailand): Wakil Merah Putih Siap Bertarung di Asia Cross Country Rally 2022

Minggu, 20/11/2022 01:08 WIB
Laporan Tunggul Birawa dari Buriram (Thailand): Wakil Merah Putih Siap Bertarung di Asia Cross Country Rally 2022
Diskusi ringan Toshio Obara dan Ikuo Hanawa pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia jelang dimulainya Asia Cross Country Rally 2022 di Thailand dan Kamboja, 21-26 November 2022. (foto2 : agung lawerissa)

mobilinanews (Buriram) - Akibat Pandemi Covid 19 yang melanda dunia, gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) juga terkena dampaknya dan terpaksa vakum kegiatan selama kurang lebih 2 tahun.

AXCR terakhir diselenggarakan pada 2019 dengan rute dari Pattaya (Thailand) dan finish di negara Myanmar.

Preparation akhir Toyota Fortuner 2.4L andalan Toyota Gazoo Racing Indonesia

Seiring meredanya pandemi Covid 19, berbagai aktivitas sport otomotif pun kembali bisa dilangsungkan, termasuk AXCR 2022. Kali ini, akan melalui rute Buriram di Thailand dan finish di Siem Reap, Kamboja.

Menjelang start AXCR pada Senin, 21 November 2022 besok, sejumlah peserta telah berdatangan dan melakukan persiapan terutama pada kendaraannya agar mampu mengarungi trek sepanjang kurang lebih 1.700 km selama 6 hari gelaran.

Toshio Obara dan Dimitri Fitra, atur strategi

Termasuk wakil dari Indonesia, baik yang akan berlaga di kategori roda empat (mobil) maupun roda dua (motor).

Event rally yang penyelenggaraannya dibikin mirip Dakar Rally ini memang melombakan 3 kategori yaitu Kelas Moto (roda dua), Sidecar dan Auto (roda empat).

Persiapan terkait hal lebih teknis

Wakil Indonesia antara lain Memen Harianto yang kali ini didampingi Co-driver 1 Chonlanat Phophipad (Thailand) dan Co-driver 2 Rimrim Rimhalsyah (Indonesia).

Kali ini, Memen menggunakan Jeep Cherokee. “Saya memang mencoba formasi baru dengan andalkan 2 co-driver. Satu dari Thailand untuk meminimalisir kesalahan membaca navigasi tulip, karena dia tentu relatif cukup mengenal rute dan karakternya,” ungkap Memen.

Berkejaran dengan waktu, pekerjaan dilakukan hingga malam

Selain Memen, juga pereli senior Rifat Sungkar didampingi co-driver asal Thailand, Chupong Chaiwan. Rifat bergabung dengan Tim Mitsubishi Ralliart. 

Namun ada satu tim yang unik, yang pada AXCR 2019 lalu juga ikutan. Yakni Toyota Team Indonesia dan TRD Indonesia (sekarang menjadi TCD Asia Pacific Indonesia) dengan driver Takuma Aoki dengan co-driver Itthipon Simaraks dan H Shiine. Mobil yang digunakan Toyota Fortuner 2.8L versi Jepang.

Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia bersiap santap malam

Kali ini, setelah berevolusi menjadi tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mengandalkan Toyota Fortuner 2.4L. Sejatinya, mobil ini sudah dipersiapkan sebelum pandemi Covid-19, tentu diproyeksikan untuk AXCR 2020.

Namun baru kali ini diujicoba sekaligus langsung digunakan pada event AXCR 2022. Toyota Fortuner 2.4L ini, akan dikendarai Ikuo Hanawa dengan co-driver Hirokazu Somemiya, keduanya dari Jepang.

Desain motor khusus untuk peserta kelas sepeda motor

Boleh dibilang, ini tim kolaborasi Indonesia dan Jepang. “Kami merasa perlu belajar sebelum turun full team dari Indonesia. Makanya, kali ini, kami terlebih dahulu mengajak para mekanik dari Indonesia,” jelas Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Sedangkan untuk kategori sepeda motor, ada Rudy Poa dengan motor KTM790, Mufti Muis Karim dengan Honda CRF250 Rally dan wajah baru Habib Fadhlurrohman (putra Mufti) dengan Honda CRF250 Rally.

Persiapan mobil yang digunakan Memen Harianto

Hari Sabtu (19/11/2022), semua peserta dan kru melakukan persiapan sebelum Minggu (20/11/2022) melakukan registrasi dan scrutineering.

Semoga para wakil Merah Putih bisa melakukan persiapan secara optimal, tanpa kendala dan tampil maksimal. (tunggul, bs)
 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo