mobilinanews

F1 2022 Abu Dhabi: Verstappen Juara dan Cetak Rekor Baru, Leclrec Kalahkan Perez di P2 Klasemen

Minggu, 20/11/2022 22:46 WIB
F1 2022 Abu Dhabi: Verstappen Juara dan Cetak Rekor Baru, Leclrec Kalahkan Perez di P2 Klasemen
Penghuni podium GP Abu Dhabi yang jadi penghuni 3 Besar klasemen akhir F1 2022. (Foto: f1)

mobilinanews (Abu Dhabi) - Tuntas sudah serial balap F1 2022 di GP Abu Dhabi, Minggu (20 November 2022). Max Verstappen tak hanya sukses mempertahankan gelar tahun ini, ia pun sukses torehkan rekor pribadi.

Juara dunia 2021 dan 2022 itu tampil dominan sejak start dari pole position. Ia tak beri ruang bagi rekan satu timnya, Sergio Perez yang berada di P2 untuk melaju ke depan guna memungkinkan dan memudahkan Red Bull finish 1-2 di klasemen akhir seperti ambisi para petinggi tim Red Bull. Itu berlangsung dalam beberapa lap awal.

Verstappen terus semakin di depan. Sementara Perez di pertengahan lomba mulai kewalahan menghadang dua Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell, dan banyak kehilangan waktu di momen tersebut. Ini membuat Red Bull dan Verstappen sulit mengatrol Perez untuk mengejar Charles Leclerc (Ferrari)

Akhirnya Verstappen finish P1, jadi kemenangan kali ke-15 dalam 22 seri balap 2022. Ini rekor kemenangan terbesar dalam satu musim, melampaui torehan 13 kemenangan yang sebelumnya dimiliki Michael Schumacher dan Sebastian Vettel. Tahun depan serial F1 berlangsung 24 seri. Akankah rekor baru itu terpecahkan?

Di sisi lain, Perez hanya sanggup finish podium ketiga di belakang Leclerc. Selain gagal membuat rekor baru Red Bull untuk kali pertama menempatkan dua pembalap di puncak klasemen akhir, Perez juga gagal menempati peringkat kedua kejuaraan 2022. Ia kalah 3 poin dari Leclerc.

Verstappen sama sekali tak menyinggung kegagalan rekannya untuk ciptakan rekor buat tim. Ia justru asyik dengan rekor barunya.

"Sungguh luar biasa meraih 15 kemenangan dalam semusim. Ini balapan hebat, semuanya bergantung pada menejemen ban selama balapan. Hasil ini benar-benar saya nikmati," kata Verstappen.

Sebaliknya Perez yang tak bisa sembunyikan kekecewaan karena gagal bersaing dengan Lecler.

"Pada akhirnya saya harus bahagia dengan pencapaian tahun ini. Saya telah kerahkan semuanya, namun saya memang kesulitan dengan kinerja ban. Itu yang harus saya kembangkan agar lebih kuat tahun depan," katanya.

Selain Verstappen, Hamilton juga mencetak rekor baru seusai GP Abu Dhabi. Untuk kali pertama sejak 2007 di kancah F1, ia tak sekali pun mencicipi kemenangan. Tapi ia tak gundah karena masalah bukan pada dirinya, tapi karena W13 pasokan Mercedes memang tak kompetitif. Di Abu Dhabi malah Hamilton kembali mengeluh pada isu porpoising yang muncul lagi setelah jauh berkurang dibandingkan awal musim.

"Saya benar-benar tak ingin bertemu dengan mobil seperri ini lagi," tegas Hamilton yang harus berbesar hati karena satu-satunya kemenangan Mercedes tahun ini jatuh kepada George Russell di GP Brasil pekan lalu. (rnp)

    •  

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo