mobilinanews

AXCR 2022 Thailand - Kamboja : Aoki dan Hanawa dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Beranjak Naik, Beberapa Perally Alami Masalah Mobil

Rabu, 23/11/2022 08:08 WIB
AXCR 2022 Thailand - Kamboja : Aoki dan Hanawa dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Beranjak Naik, Beberapa Perally Alami Masalah Mobil
Ikuo Hanawa dari tim Toyota Gazoo Racing - TCD Asia Pacific saat melintasi sebuah tikungan di sebuah perkebunan SS2 kemarin. (foto : agung tgri)

mobilinanews (Buriram) - Pada Special stage (SS) 2, rute Khonburi – Nondindaeng sejauh 203,50 km pada hari Selasa (22/11/2022), jadi pertarungan sesungguhnya para peserta AXCR (Asia Cross Country Rally) 2022 di Thailand dan Kamboja.

Mulai terjadi pergerakan posisi klasemen sementara. Peringkat pertama sementara di Kelas T1 Auto, Tim Isuzu Suphan nomer mobil 101 terpaksa terlempar dari peringkat atas akibat kendala mesin.

Menurut laporan Tunggul Birawa dari ajang AXCR 2022 di Buriram, Thailand, duet driver Jepang Ikuo Hanawa dan Takuma Aoki penjinak Toyota Fortuner dari tim Toyota Gazoo Racing Indonesia - TCD Asia Pacific mencatat hasil gemilang. Keduanya mampu bertengger di posisi 6 Besar.

Ketika start SS 2 dimulai, Ikuo Hanawa/Hirokazu Somemiya berada di urutan 9, sedangkan Takuma Aoki/Itthipon Simaraks urutan 11.

“Start SS2 semua berjalan oke. Suspensi, mesin dan handling bekerja maksimal. Hanya Hiro, co-driver saya bikin kesalahan hehehehe… Tapi nggak papa kok, kami bisa kembali ke rute dengan cepat. Ini masih pemanasan namun lebih serius,” kata Ikuo Hanawa, driver andalan tim Toyota Gazoo Racing – TCD Asia Pasific driver Toyota Fortuner bernomor 116.

“Iya betul, saya memang bikin kesalahan karena salah baca Teratrip dan Tulip soal jarak. Maaf ya Hanawa San,” bilang Hirokazu Somemiya yang lebih suka dipanggil Hiro.

Atmosfir yang tercermin, pasangan driver dan codriver ini memang terlihat akrab dan gembira. Meskipun di tengah kompetisi dan juga ada kesalahan yang terjadi. Tidak ada saling menyalahkan, semua tetap saling support.

Karena sempat salah rute, Takuma Aoki yang mengandalkan Toyota Fortuner 2.8L berhasil menyusul Hanawa. “Saya gembira hari ini. Mobil penampilannya optimal. Tapi saya masih ingin mengubah setting suspensi agar lebih lembut lagi. Yang sekarang masih sedikit lebih keras bantingannya,” jelas Aoki San.

Hasil SS2, posisi Takuma Aoki yang tadinya di urutan 11 bergeser menjadi ke-4. Sedangkan Ikuo Hanawa juga naik dari posisi 9 jadi ke 6.

Catatan waktu keduanya tidak berbeda jauh. Aoki mencetak 2:59:49, sedangkan Hanawa waktunya 3:02:17. Sementara peringkat 1 sementara diraih Chayapon Yotha/Peerapong Sombutwong (105) dari Mitsubishi Rally Art Thailand dengan 2:52:29.

Driver Indonesia, Rifat Sungkat yang berpasangan dengan co-driver Chupong Chaiwan dari Thailand dan tergabung dengan tim Mitsubishi Rally Art Thailand berada di posisi 8.

Masih ada lagi wakil Merah Putih, Memen Harianto yang membawa 2 co-drivernya satu dari Thailand dan satu dari Indonesia dengan Jeep Cherokeenya masih tercecer di urutan 28.

“Dua sokbreker depan jebol. Treknya lumayan nyiksa suspensi karena lubangnya gede-gede. Aku putuskan main aman, jadi separuh jalannya ambil penalti biar perbaikannya lebih maksimal. Baru 2 SS masih ada 4 SS lagi yang bisa dikejar. Hari ini gaspol lagi,” tekad Memen Harianto. (tunggul, bs)  
 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo