mobilinanews

AXCR 2022 Thailand-Kamboja: Hanawa dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Juara SS 6, Aoki Geser Rifat Di Kejuaraan Umum

Sabtu, 26/11/2022 22:08 WIB
AXCR 2022 Thailand-Kamboja: Hanawa dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Juara SS 6, Aoki Geser Rifat Di Kejuaraan Umum
Duet Perally Toyota Gazoo Racing Indonesia - TCD Asia Pacific, Ikuo Hanawa dan Takuma Aoki berhasil merebut juara 3 serta 4 klasemen akhir AXCR 2022 Thailand dan Kamboja. (foto : agung lawerissa)

mobilinanews (Kamboja) - Leg 5, Special Stage (SS) 6 dilangsungkan di kawasan Siem Reap, Kamboja, dengan rute 47,63 km menjadi SS terakhir pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 Thailand - Kamboja, berakhir Sabtu (26/11/2022).

Menurut Tunggul Birawa dari Siem Reap, perally Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Ikuo Hanawa dengan co-driver Hirokazu Somemiya berhasil menjadi yang tercepat di SS terakhir ini.

Toyota Fortuner andalan Toyota Gazoo Racing Indonesia

Ini menjadi capaian terbaik bagi perally senior asal Jepang, yang sering mengikuti rally legendaris Baja 1000 di Amerika Serikat, di ajang "Rally Dakar versi Asia" tersebut. 

Toyota Fortuner yang digunakan Hanawa dan Somemiya melaju cepat melibas lintasan tak sepenuhnya mulus, dengan menorehkan waktu 0:40,56 menit.

Hirokazu Somemiya menyebutkan bahwa meski performa mesin turbo pada Toyota Fortuner yang dikendarai Hanawa kurang optimal, namun ada bagian lain pada SUV andalan Toyota tersebut yang menjadi nilai lebih.

"Iya, suspensi Toyota Fortuner terasa lembut dan ngegrip saat melibas trek dengan lubang cukup dalam,” ungkap Hirokazu Somemiya.

Para juara AXCR 2022 Thailand dan Kamboja

Karena itu pula, Hanawa berani gaspol Toyota Fortuner bernomor lambung 116 dan akhirnya bisa membuktikan menjadi yang tercepat dan menjuarai SS6.

Jika rute SS6 hanya 47,63 km, menurut Pitak Bhradpreung selaku Route Director AXCR 2022, karena bakal lintasan sempat dilanda banjir parah beberapa waktu lalu sehingga terpaksa dipangkas (diperpendek).  

"Namun, biar pun pendek, ternyata handicapnya lumayan ekstrem. Terutama lubang-lubang besar di tengah jalan. Maka, dibutuhkan kecermatan dan kewaspadaan perally," terang Pitak Bhradprueng. 

"Meski menjadi yang tercepat, tidak mengubah posisi klasemen. Namun hanya bisa memperpendek waktu tempuh dari peringkat pertama di kelas Auto AXCR 2022, dari gap 10 menit menjadi hanya 5 menit saja. Sedangkan dengan peringkat kedua (runner up), Hanawa hanya selisih 5 detik," ungkap Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia. 

Skuad Toyota Gazoo Racing Indonesia kibarkan "Merah Putih" dengan capaian membanggakan 

Perally Toyota Gazoo Racing Indonesia - TCD Asia Pacific lainnya, Takuma Aoki/Itthipon Simaraks dengan Toyota Fortuner (108) juga tampil lebih fight dan determinasi tinggi.

Driver “Tangan Dewa” ini berhasil naik peringkat 4 dari sebelumnya kelima. Takuma menggeser Rifat Sungkat/Chuping Chaiwan (11) yang harus puas di posisi P5.

Jalur trek SS6 meski paling pendek, ternyata justru jadi neraka perally Kelas Auto AXCR 2022. Beberapa driver terjebak lubang sedalam kubangan kerbau.

“Lubangnya dalam sekali setelah dilewati lebih dari 5 mobil. Makanya banyak yang nyangkut,” kata Memen Harianto, penjinak Jeep Cherokee (148) dari Indonesia. Di klasemen overall, peserta privateer ini akhirnya mendapat di posisi 22 dari 24 sehari sebelumnya.

Lintasan menantang selama 6 hari Asia Cross Country Rally 2022

Klasemen akhir Kelas Auto, juara pertama Chayapon Yotha/Peerapong Sombutwong (105) dari Mitsubishi Rally Art Thailand dengan total waktu 8:22:42.

Kedua, Jaras Jaengkamolkulchai/Sinoppong Trairat (102) dari Toyota Cross Country Team Thailand dengan 8:28:29. Ketiga Ikuo Hanawa/Hirokazu Somemiya (116) dari Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia dengan total waktu 8:28:34.

Ke-4 perally Takuma Aoki/Itthipon Simaraks (108) dari tim Toyota Gazoo Racing Indonesia -TCD Asia Pacific dengan 8:38:26. Sedangkan Rifat Sungkar/Chupong Chaiwan (118) Mitsubishi Rally Art Thailand 8:39:56 berada di posisi 5 klasemen akhir. (tunggul, bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo