mobilinanews

F1 2022: Tak Hanya Ferrari, McLaren dan Sauber Pun Mengganti Nahkodanya

Rabu, 14/12/2022 01:08 WIB
F1 2022: Tak Hanya Ferrari, McLaren dan Sauber Pun Mengganti Nahkodanya
Andreas Seidl, menolak tawaran Ferrari dan memilih masuk grup Sauber. (Foto: ist)

mobilinanews (Inggris) - Tak lagi jadi isu. Andreas Seidl benar-benar tinggalkan posisi team principal di McLaren. Ia menuju Sauber sepeninggal Fred Vasseur yang pergi ke Ferrari. McLaren pun angkat pemimpin baru.

Itu semua efek dari kepergian Mattia Binotto dari Ferrari. Ia digantikan Vasseur yang tadinya Team Principal Alfa Romeo. Selanjutnya Alfa Romeo mendapuk Seidl yang Team Principal McLaren. Ujungnya, McLaren mengangkat orang dalam, Andrea Stella, mengisi posisi yang ditinggalkan Seidl.

Hanya saja Seidl di Alfa Romeo bukan menggantikan posisi yang ditinggalkan Vasseur. Ia diangkat jadi CEO Sauber dengan tugas pertama adalah mencari figur team principal pengganti Vasseur memimpin operasional tim.

Seidl yang merupakan warga Jerman lebih fokus pada masa depan, karena pada 2024 nama tim Alfa Romeo kembali jadi Sauber F1 Team. Ia juga mempersiapkan kolaborasi dengan pabrikan Jerman, Audi, yang masuk kancah F1 pada 2026.

Sebelumnya Seidl dikabarkan dibidik Ferrsri untuk gantikan Binotto. Tapi, ia menolak dan komit untuk tetap di McLaren. Eh, tak tahunya kabur juga!

"Saya gabung McLaren pada 2019 dan menikmati sukses bersama. Saya berterimakasih kepada Zak (Brown, CEO McLaren) atas kebersamaan selama ini. Untuk Andrea dan tim saya ucapkan selamat dan berharap sukses ke depan," ucap Seidl.

Stella pun mengaku senang dipromosikan jadi team principal dari jabatannya selama ini sebagai Racing Director. Sebelum gabung dengan McLaren pada 2015, Stella berada di kubu Ferrari sebagai engineer sejak 2000 hingga 2014.

"Saya mengapresiasi kepercayaan CEO Zak Brown dan pemegang saham atas kepercayaan ini. Saya realistis dengan sejumlah tantangan dan kerja keras yang.  menanti. Tapi, bersama banyak orsng hebat dalam tim ini, saya yakin akan.mersih sukses bersama," kata Stella.

Di sisi lain Brown pun mengaku bangga mempromosikan Stella memimpin McLaren dengan tanggung jawab pengembangan teknis dan operasional tim.

"Ia punya bakat besar dan pengalaman. Promosinya adalah contoh besar bagaimana kami memiliki SDM yang mumpuni dalam tim ini," puji Brown. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo