mobilinanews

F1 2023 : Mesin Mercedes W14 Mulai Dipanasin, Optimistis ke Musim Depan

Sabtu, 24/12/2022 01:08 WIB
F1 2023 : Mesin Mercedes W14 Mulai Dipanasin, Optimistis ke Musim Depan
Ini bentuk mesin W13 yang disempurnakan menjadi W14 merupakan mesin andalan tim Mercedes di ajang F1. (Foto: f1)

mobilinanews (Inggris) - Buat pakar mesin dan teknisi Mercedes di F1 tak ada yang paling dinanti selain mendengarkan letupan perdana suara mesin yang berbulan-bulan mereka bangun.

Itu yang terjadi di salah satu area pabrik Mercedes F1, High Performance Powertrains di Brixworth, Inggris, hari ini.

Para teknisi berkumpul untuk menghidupkan mesin W14 yang tahun depan bakal digeber pasangan Lewis Hamilton dan George Russell.

Ini kali pertama mesin W14 dihidupkan. Suaranya menggelegar saat pedal gas digeber-geber. Merdu seperti alunan musik orkestra di kuping para perakitnya.

Saat mesin digeber dalam beberapa saat dan sesuai dengan parameter yang ditetapkan, maka itu menjadi kado Natal yang istimewa bagi para teknisi. Bisa masuk liburan dengan hati nyaman.

Tim Mercedes pun dengan sukacita membagikan rekaman video momen istimewa itu. Buat fans F1, bisa melihat dan mendengarkan suara mesin W14 melalui link ini: https://youtu.be/2aHf3RrVbyU.

W14 adalah kelanjutan pengembangan W13 yang gagal total di awal musim 2022 dengan isu utama porpoising yang lebih terpengaruh oleh desain sasis dan paket aerodinamika ketimbang mesinnya. W13 gagal tarung di level atas, kalah dengan Red Bull dan Ferrari.

Tapi, Mercedes terus mengembangkan diri sehingga W13 mulai kompetitif di beberapa race akhir 2022. Russell bahkan sukses meraih kemenangan pertamanya di F1 lewat W13.

Sementara Hamilton sama sekali tak meraih kemenangan di musim 2022, kali pertama sepanjang karir F1-nya.

Berangkat dari pengembangan itu, Hamilton dan Russell sangat yakin Mercedes sudah tahu persis apa yang harus dilakukan membangun W14.

Saat ini, itu hanyalah sebuah harapan. Tapi, yang sudah terlihat adalah sukses tim menghidupkan mesin W14 untuk kali pertama.

Tinggal diselaraskan dengan sasis, bodi, aero kit dan sebagasinya untuk selanjutnya dijajal performanya pada winter test mendatang. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo