mobilinanews

Dakar 2023: Toyota Hilux Mulai Unjuk Diri Lewat Al-Attiyah, Sainz Masih Pegang Kendali

Selasa, 03/01/2023 01:18 WIB
Dakar 2023: Toyota Hilux Mulai Unjuk Diri Lewat Al-Attiyah, Sainz Masih Pegang Kendali
Toyota Hilux besutan Nasser Al-Attiyah (Qatar/Toyota Gazoo Racing) harus gaspol di Stage 2 untuk kejar ketertinggalan waktu di Stage 1. (Foto: dakar)

mobilinanews (Arab Saudi) - Juara bertahan Rally Dakar, Nasser Al-Attiyah mulai beraksi dengan kemenangan di Stage 2 Rally Dakar, Arab Saudi. Ia dan pemenang Stage 1, Carlos Sainz tiba hampir bersamaan di garis finish. Tapi dari sisi catatan waktu, Al-Attiyah ternyata unggul telak 5 menit 5 detik.

Pada stage pembuka kemarin, Sainz membuka kemenangan di atas Audi RS Q e-tron sementara Al-Attiyah hanya finish P6 di atas Toyota Hilux andalannya.

Terpaut 7 menit 17 detik di stage pembuka, membuat andalan tim Toyota Gazoo Racing itu bertekad memenangi Stage 2 agar peluang mempertahankan gelar tetap terbuka sejak awal.

"Hasil ini tidak terlalu buruk terkiat dengan aspek perjuangan. Ini justru memicu kami untuk memenangkan stage berikutnya," ucap Al-Attiyah usai stage 1 dan kini di Stage 2 ia buktikan ucapan tersebut.

Sainz sendiri finish tercepat ketiga setelah belakangan waktunya dikalahkan pembalap tim Overdrive Racing Erik van Loon. 

Bukan hanya Van Loon yang bikin kejutan di Stage 2. Grup finisher tercepat 10 Besar justru mayoritas diisi oleh para pereli yang sejatinya bukan para unggulan dan datang dari tim-tim independen.

Sementara driver papan atas macam Stephane Peterhansel (Audi Sport) justru finish ke-15, Henk Lategan (Toyota Gazoo Racing) P17, Mattias Ekstrom P19 dan yang paling mengenaskan adalah nasib Sebastien Loeb (BRX Hunter) terpuruk di urutan finish ke-35 lantaran masalah daya tahan ban di tengah special stage.

Hasil itu membuat perubahan drastis di klasemen sementara kejuaraan. Pucuk pimpinan masih dipegang Sainz dengan keunggulan 2 menit 12 detik. Loeb yang tadinya di peringkat kedua kini anjlok ke posis ke-26. 

"Begitu banyak batu tajam yang harus dilewati. Meski sudah berhati-hati, ban kami tiga kali tertusuk. Ini hari yang sama sekali tak menyenangkan," keluh Loeb yang tahun lalu menjadi runner up kejuaraan di bawah Al-Attiyah.

Peringkat Peterhansel dan Ekstrom pun ikut turun sementara peringkat para pereli independen banyak yang terdongkrak. Di antaranya adalah Mathiu Serradori (Centrury racing Factory Team) di urutan 3 dan Simon Vitse (MD Rally) di peingkat 4.

Sedangkan Loon yang sukses mengalahkan Sainz di Stage 2 berhasil naik ke posisi 13. Drver Belanda itu pun girang tak kepalang. Finih kedua di antara nama besar Al-Attiyah dan Sainz ibarat kemenangan baginya.

"Kami memulai stage ini di urutan 41 dan kini berada di urutan 13. Saya tak hitung berapa mobil yang kami salip," komentarnya.

Stage 3 pada Selasa (3 januari 2023) akan menempuh jarak total 669,15 km. Sepanjang 447 di antaranya menjadi ajang perburuan waktu yang menentukan posisi masing-masing di klasemen kejuaraan.

Pertanyaannya, akankah Al-Attiyah mampu menggusur Sainz dari pucuk pimpinan klasemen sementara? (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo