mobilinanews

Dakar 2023: Sebastien Loeb Terbalik, Al-Attiyah Makin Menjauh di Puncak Klasemen

Kamis, 05/01/2023 22:44 WIB
Dakar 2023: Sebastien Loeb Terbalik, Al-Attiyah Makin Menjauh di Puncak Klasemen
Apesnya Sebastien Loeb di Stage 5, terguling usai menubruk gundukan. (Foto: dakar)

mobilinanews (Arab Saudi) - Nasib buruk kembali menimpa Sebastien Loeb. Setelah menang di Stage 4, ia kembali terpuruk di Stage 5. Membuat rival dari Toyota dan Audi semakin kokoh di 3 Besar.

Hunter T1 besutan Loeb terbalik akibat roda depan menghajar gundukan. Pentolan tim BRX ini kehilangan banyak waktu. Untungnya semua pereli juga alami kesulitan masing-masing di lintasan yang kasar dan banyak gundukan berbatu.

Loeb pun masih mampu finish ke-9 dengan gap hampir 20 menit dari Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazoo Racing) yang meraih kemenangan stage kali keduanya di Dakar 2023.

Hasil ini membuat Loeb naik ke posisi 11 dari sebelumnya 14 di klasemen. Lumayanlah, dalam dua stage juara 9 kali WRC itu mampu loncat dari P26 ke P11.

Bagi Al-Attiyah, kemenangan ini memperkuat posisi teratas di klasemen sementara. Unggul telak 22 menit 36 detik atas pereli tim Audi Sport Stephane Peterhansel.

"Ini adalah etape yang sangat sulit. Kami mengembangkan kecepatan seperti orang gila. Kami mengambil banyak resiko karena saya tahu mobil rival punya power yang lebih menguntungkan di trek ini," kata Al-Attiyah, pereli Qatar yang pastinya sangat berpengalaman tempur di padang pasir.

Rival yang dimaksud adalah duet Audi Peterhansel - Carlos Sainz yang akhirnya finish P3 dan P2. 

Tak dinyana kedua pereli kawakan itu juga kesulitan menembus lintasan yang kasar dan berbatu. Terlebih lagi karena performa suspensi Audi RS Q mereka kali ini tak optimal.

"Ini adalah salah satu stage tersulit dalam hidup saya," keluh Peterhansel, pemilik 14 gelar juara Dakar di kelas motor dan mobil.

Dan, buat Loeb, masih ada poin positif yang ia petik hari ini. Tak lain karena ia merasa nyaman dan kuat di dalam mobil sejak start.

Musibah yang terjadi 18 km jelang finish itu sepenuhnya kesalahan dirinya sebagai driver. Artinya, mobil sudah semakin kompetitif dibandingkan 3 hari pertama lomba. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo