mobilinanews

F1 2023: Jadi Komandan Tim Ferrari, Fred Vasseur Siap Patahkan Dominasi Mercedes

Minggu, 29/01/2023 21:31 WIB
F1 2023: Jadi Komandan Tim Ferrari, Fred Vasseur Siap Patahkan Dominasi Mercedes
Frederic Vasseur (Prancis/Team Principal Ferrari). (Foto: ist)

mobilinanews (Italia) - Setelah resmi menjadi Team Principal Ferrari pada 9 Januari 2023, Fred Vasseur mulai rajin berkoar di media. Terbaru, ia kirim tantangan kepada Team Principal Mercedes Toto Wolff.

Dalam satu dekade belakangan Wolff terbilang pemimpin tim F1 paling vokal dan berpengaruh di lintasan F1. Semua hal bisa ia komentarai dengan tajam. Apakah soal insiden pembalap di lintasan, aturan FIA dan penerapannya serta berbagai isu seputar teknik, sport, dan marketing F1.

Dalam beberapa tahun terakhir, musuh besar Wolff sebagai sesama team principal adalah Christian Horner dari kubu Red Bull Racing.

Sepanjang rivalitas keras antara Lewis Hamilton (Mercedes) dengan Max Verstappen (Red Bull) maka sepanjang dan setajam itu juga 'adu bacot' Wolff dengan Horner secara terbuka di media maupun lewat forum resmi F1 dan FIA.

Pada musim 2023 ini sepertinya Mercedes dan Ferrari bakal jadi pesaing Red Bull dalam perebutan trofi kejuaraan. Tak tertutup kemungkinan muncul juga friksi antara Ferrari dengan Mercedes, antara Vasseur dengan Wolff.

"Tentu saja kami akan bersinggungan di lintasan maupun di luar trek. Begitu juga pada rapat-rapat tim dengan F1 maupun FIA. Jika ada perbedaan kepentingan, saya bersumpah akan melawannya habis-habisan," tegas Vasseur.

Komunitas F1 tentu masih ingat kala Ferrari mampu beri ancaman ke Mercedes lewat pasangan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc pada musim 2019.

Dan, yang paling ribut dan terusik adalah Wolff dan Mercedes dengan tudingan Ferrari menggunakan spek mesin tak sesuai regulasi.

Hanya saja Mattia Binotto yang saat itu jadi pemimpin Ferrari dianggap terlalu lemah melawan Wolff.

Itu yang bisa jadi tak ingin dialami Vasseur, pria Prancis eks team principal Alfa Romeo yang belakangan rajin berkomunikasi dengan Jean Todt (sesama Prancis) yang eks Team Principal Ferrari paling sukses bersama Michael Schumacher dan juga eks Presiden FIA. 

"Idealnya tentu semua tim F1 kompak tanpa insiden di lintasan. Juga bersatu dalam forum rapat dengan F1 ataupun FIA. Tapi, jika kami harus bersinggungan dengan Wolff, saya siap melawannya. Saya sudah sangat mengenal dirinya," tegas Vasseur.

Hm, jika perang segi tiga Red Bull-Mercedes-Ferrari terwujud musim ini, maka sangat bsrpotensi ketiga pemimpinnya juga akan bikin keributan tersendiri! (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo