mobilinanews

Sempat Cetak Fastest Lap, Aleric Raih Podium Perdananya Pada Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2023

Selasa, 14/03/2023 14:18 WIB
Sempat Cetak Fastest Lap, Aleric Raih Podium Perdananya Pada Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2023
Pegokart Aleric raih podium kelas Entry Level Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2023 round 2 di Sentul International Karting Circuit Bogor

mobilinanews (Bogor) - Pembalap gokart, Alericrizky Azkasyah Prawira Mahawijaya, naik podium sebagai juara 5 kelas Entry Level pada Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2023 Round 2 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, akhir pekan lalu (11-12 Maret).

Sebenarnya, pembalap berusia 9 tahun ini finish ketiga di babak Final yang digelar pada Minggu siang (12/3/2023).

Namun posisi pembalap yang akrab disapa Aleric ini melorot ke urutan 5, akibat mendapat penalti 5 detik, karena meraih lap tercepat (fastest lap), yakni 57,726 detik di lap ketiga dari total 10 lap.

Sebagai informasi, ada peraturan dalam Kejurnas Gokart 2023 bahwa pegokart Entry Level dengan limit waktu maksimal 58 detik. Sehingga jika lebih cepat dari itu akan mendapat sanksi penalti 5 detik.

Tambahan waktu itu membuat peringkatnya melorot dari juara 3 menjadi juara 5 di babak final kemarin.

Menggunakan gokart warna merah No 10, putra sulung Anton Prawira Hadi Wijaya, vice president perusahaan makanan terbesar di Indonesia ini, tetap senang meraih podium di ronde kedua Kejurnas Gokart.

"Senang karena sempat meraih fastest lap dan overtake (mendahului) beberapa pembalap," ujar Aleric usai meraih trofi.

Siswa Global Islamic School 2 ini mempersembahkan trofinya, sebagai kado ulang tahun buat sang adik, Amandarizky Aisyah Prawira Wijaya. Sang adik pada hari yang sama juga berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Taekwondo Piala Menparekraf RI.

Hasil yang diraih Aleric sejatinya sudah sesuai dengan arahan pelatihnya dari Tanada Racing Team.

Bocah yang mengidolakan pembalap F1 Lewis Hamilton (Mercedes) dan Charles Leclerc (Ferrari) ini, memang diarahkan untuk membalap secepat mungkin, sambil mengasah kemampuan overtake di sirkuit.

Dan hasilnya cukup baik. Saat babak Final kemarin, sebenarnya Aleric balapan dari urutan kedua. Sempat tercecer hingga urutan keenam di lap-lap awal, Aleric mampu mengejar ketertinggalan hingga naik ke posisi kedua.

Sayangnya, di lap terakhir, pembalap cilik yang gemar bermain gitar dan drum ini, disusul pegokart lain hingga akhirnya menjadi juara 3 saat bendera finish dikibarkan.

Lap Tercepat di Sesi Latihan

Saat sesi latihan resmi yang digelar Sabtu (11/3/2023), beberapa kali Aleric mencatat waktu tercepat. Misalnya pada sesi pertama, Aleric mencatat waktu 58,370 detik di lap ke-5, atau tercepat kedua.

Pada sesi warming up Minggu, Aleric bahkan meraih waktu tercepat pertama, yakni 58,413 detik yang diraih di lap kelima.

Aleric akan jeda balapan karena datangnya bulan suci Ramadan. Setelah itu, kembali berlatih untuk menghadapi Ronde 3 Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2023 pada medio Mei mendatang.

Di ronde 3 nanti, Aleric dan pembalap satu timnya, Helmi Husni Mahruz, mengincar posisi tiga besar di kelas masing-masing.

Rencananya pada ronde 4 kejurnas mendatang, Aleric akan berganti tim dari Tanada Racing Team menjadi Alphabeta Motorsport Team. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo