mobilinanews

F1 2023 Arab Saudi: Berpeluang Jadi Juara, Alonso Malah Fokus ke Tim Ferrari, Mercedes dan Alpine, Ini Alasannya!

Minggu, 19/03/2023 10:56 WIB
F1 2023 Arab Saudi: Berpeluang Jadi Juara, Alonso Malah Fokus ke Tim Ferrari, Mercedes dan Alpine, Ini Alasannya!
Fernando Alonso di atas AMR23 berpeluang tubtaskan Mission33 malam ini. (Foto: f1)

mobilinanews -  Fernando Alonso (Aston Martin) memulai race GP Arab Saudi, Minggu (19/3) malam nanti dari front row. Mission33 layak diwujudkan. 

Mission33 adalah slogan yang dicanangkan penggemar untuk merangsang Alonso meraih kemenangan kali ke-33 di F1. Ia berpeluang mewujudkannya di Sirkuit Jeddah malam ini jika dicermati dari grid position saat memulai balapan.

Alonso berada di baris terdepan mendampingi Sergio Perez (Red Bull) sebagai pole sitter. Sebenarnya Charles Leclerc (Ferrari) yang finish P2 di kualifikasi, tapi ia harus menempati grid ke-12 karena kena hukuman mundur 10 posisi karena ganti piranti electronic control pada SF-23-nya.

Di sisi lain, Max Verstappen (Red Bull) yang dominan sejak sesi latihan justru start dari P15 akibat kerusakan sistem kemudi RB19-nya di sesi Q2.

Artinya, Alonso dan timnya punya potensi mengalahkan Perez dan meraih gelar juara bila disertai strategi pitstop yang mumpuni. Pasalnya, driver Aston Martin lainnya, Lance Stroll, berada di grid 5 dan ia juga tampil apik sepanjang sesi latihan.

Tapi, Alonso tak ingin memancang target kemenangan dengan pertimbangan RB19 milik Red Bull masih lebih kencang dari AMR23 yang ia geber.

"Realistis saja, mobil mereka paling kencang saat ini.  Kemenangan bukan jadi target meski kita semua tahu F1 bukan matematika, apa saja bisa terjadi seperti dialami Max (Verstappen) dan Charles (Leclrec)," katanya.

Karena itu, lanjut juara dunia 2005 dan 2006 itu, fokusnya pasa race nanti tidak tertuju pada Perez dan tidak menyiapkan diri untuk fight keraa melawan pembalap asal Meksiko itu.

Ia bakal lebih sibuk mencermati kaca spion mobilnya untuk mengamati lawan yang mengancam. Menjaga pembalap Ferrari, duet Mercedes bahkan driver tim Alpine. Mereka jadi ancaman nyata karena punya kecepatan relatif bersaing di trek dalam kota Jeddah.

Namun Alonso juga menyangkal kalau ia sudah pesimistis lebih dulu melawan Perez. Sebab, ia yakin punya race pace bagus seperti tampak di GP Bahrain kala menyalip para pembalap Mercedes dan Ferrari menuju podium.

"Saya tidak tahu apakah bisa mengalahkan Checo (Perez). Saat ini posisi saya tidak di situ. Meskipun fokus saya lebih ke pembalap di belakang, namun jika terjadi sesuatu di depan maka tentu saja saya akan mencoba fight mengambil kesempatan."

Yang dikatakan Alonso sulit dibantah.  Meski start dari P12 dan P15,  bisa jadi dalam beberapa lap saja Leclerc dan terutama Verstappen sudah tiba di belakangnya. Jika tak ada halangan teknis, keduanya diprediksi tak akan kesulitan melibas lawan di depan lewat fasilitas DRS di trek berkarakter cepat seperti Jeddah.

Selain kemungkinan fight Alonso  versus Perez, daya tarik lain GP Arab Saudi nanti malam juga tersaji lewat aksi Leclerc dan Verstappen ke posisi dimana seharusnya mereka berada, yakni di garis depan. 

Seperti kata Alonso, duet Mercedes Lewis Hamilton - George Russell dan duet Alpine Esteban Ocon dan Pierre Gasly terbilang berbahaya di Jeddah.

Pertanyaannya, seberapa lama mereka bisa menahan gempuran Leclerc dan Verstappen? Daya tarik lainnya adalah seperti apa langkah Aston Martin dan Stroll untuk menjaga posisi Alonso?

Sepertinya akan sangat sayang melewatkan tontonan live GP Arab Saudi malam ini waktu lokal atau mulai pukul 24.00 nanti malam WIB. (rn)

 POSISI START GP ARAB SAUDI MALAM INI

1. Sergio Perez, Red Bull
2. Fernando Alonso, Aston Martin
3. George Russell, Mercedes
4. Carlos Sainz, Ferrari
5. Lance Stroll, Aston Martin
6. Esteban Ocon, Alpine
7. Lewis Hamilton, Mercedes
8. Oscar Piastri, McLaren
9. Pierre Gasly, Alpine
10. Nico Hulkenberg, Haas
11. Zhou Guanyu, Alfa Romeo
12. Charles Leclerc, Ferrari
13. Kevin Magnussen, Haas
14. Valtteri Bottas, Alfa Romeo
15. Max Verstappen, Red Bull
16. Yuki Tsunoda, AlphaTauri
17. Alex Albon, Williams
18. Nyck de Vries, AlphaTauri
19. Lando Norris, McLaren
20. Logan Sargeant, Williams

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo