mobilinanews

49 Tahun Eksis di Pasar SUV, Jeep Ancang-Ancang Setop Produksi Cherokee

Jum'at, 24/03/2023 11:35 WIB
49 Tahun Eksis di Pasar SUV, Jeep Ancang-Ancang Setop Produksi Cherokee
Tampilan keren Jeep Cherokee yang menggoda

mobilinanews, (Amerika) - Setelah bertahun-tahun mengalami penurunan penjualan, Jeep akhirnya menghentikan produksi generasi kelima, KL Cherokee. Keputusan itu diambil setelah Stellantis menghentikan operasi pabrik Belvidere, Illinois.

Mengutip Carscoops, Jeep pertama kali mengonfirmasi penghentian produksi KL Cherokee, setelah produksinya ditekan signifikan untuk model tahun 2023. Salah satu petinggi Jeep telah mengungkapkan produksi KL Cherokee diisukan telah dihentikan akhir Februari 2023.

“Kami memiliki rencana untuk kendaraan penting di segmen itu. Detail akan terungkap pada waktunya,” kata petinggi di internal Jeep.

Berkaitan dengan penghentiak produksi Cherokee, produsen mobil akan menawarkan dua level trim baru untuk Cherokee yakni Altitude Lux dan Trailhawk.

Cherokee generasi kelima yang saat ini dijual, diperkenalkan pada tahun 2014, sebagai model Cherokee yang hampir berumur satu dekade saat ini. Namun penjualannya tidak semoncer model yang lain.

Penjualan model tersebut mulai menurun pada tahun 2022. Saat itu mereka berhasil menjual 40.000 unit di Amerika, setengah dari jumlah unit yang terjual pada tahun 2021.

Penggantian model Cherokee mulai terndus musim panas lalu. Saat itu kepala divisi Amerika Utara Jeep, Jim Morrison, mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan model generasi berikutnya yang akan mendingkrak penjualan Jeep. "Kendaraan itu akan dialiri listrik," tuturnya

Jeep Cherokee memang diakui merupakan salah satu model yang lenggeng di pasar dunia. Model tersebut telah aksis selama 49 tahun.

Jeep pertama kali memperkenalkan Cherokee pada tahun 1974, dan telah menjadi model penting bagi merek. Awalnya, mobil ini dipasarkan sebagai model trim dua pintu yang lebih sporty untuk Wagoneer, tetapi menjadi model tersendiri pada tahun 1984.

Ia berkembang pesat ketika memelopori format SUV unibody yang kini mendominasi industri otomotif masa itu. Meskipun Jeep terus menjual Cherokee di luar Amerika Utara, namanya diganti menjadi Liberty di AS antara tahun 2002 dan 2013.

Sampai batas tertentu, nama tersebut tetap hidup di Amerika Utara selama waktu itu dan dikenal sebagai Grand Cherokee, yang bertahan sejak dulu dan terus berlanjut hingga saat ini.

Sampai berita ini diturunkan Jeep belum mengonfirmasi keputusan reminya untuk Cherokee. Mereka akan mengumumkan keputusannya setelah pameran New York Auto Show, yang berlangsung dari 7-16 April 2023.(erwin)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo