mobilinanews
Home »

Goodyear Indonesia Edukasi Ban Pintar Dengan Teknologi Sensor

Senin, 03/04/2023 01:03 WIB
Goodyear Indonesia Edukasi Ban Pintar Dengan Teknologi Sensor
Ban Goodyear kembangkan teknologi sesor untuk keselamatan berkendara

mobilinanews (Jakarta) - Kemajuan teknologi juga merambah industri dan produsen ban baik untuk mobil keluarga atau passenger dan kendaraan niaga. Apalagi ban merupakan salah satu komponen yang berkontribusi besar pada keselamatan berkendara.

Berkaitan dengan itu, Goodyear mengembangakn teknologi ban dengan menghubungkan ban dengan teknologi sensor memperluas fungsi ban untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Jika sebelumnya fungsi tradisionalnya hanya menggelindingkan mobil, kini ban bisa membuka asupan informasi yang bermanfaat bagi penguasaan kemudi, keselamatan, kenyamanan berkendara dan terutama perkembangan mobilitas masa depan.

Penyematan Sensor Pintar

Meskipun penerapan sensor pintar masih belum sepenuhnya tercapai secara luas untuk seluruh tipe kendaraan di dunia, tetapi Goodyear terus melakukan penelitian dan pengembangan serta mengedukasi masyarakat tentang teknologi sensor pada ban.

Head of Communication PT Goodyear Indonesia Tbk, Wicaksono mengatakan dari perspektif fleet management atau manajemen armada, data-data yang dikumpulkan dari sensor ban menjadi penting agar “ban bisa bicara”, memperingatkan pengemudi tentang masalah ban yang muncul, sehingga pengemudi dapat melakukan antisipasi.

"Sensor akan mengirimkan peringatan melalui indikator tertentu (biasanya kedipan lampu di panel dashboard) dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika," tuturnya.

Dalam pengembangan ban itu, Goodyear fokus pada keselamatan konsumen. Mereka ingin mengambil peran aktif edukasi kepada para pengemudi untuk selalu mengetahui kondisi ban mereka secara berkala.

"Melalui total 55 Goodyear Branded Outlet (GYBO) yang tersebar di seluruh Indonesia, teknisi professional kami di setiap GYBO menjadi narahubung antara kondisi kendaraan dan informasi yang penting diketahui pemilik pengemudi melalui perangkat seperti sensor pintar untuk keselamatan berkendara tadi misalnya,” pungkas Wicaksono.

Pengembangan ban dengan sensor tidak hanya untuk kendaraan passenger, industri logistik dan alat berat juga menjadi fokus Goodyear. Membawa semangat yang sama, Goodyear mendukung perwujudan pergerakan barang yang lebih aman dan berkelanjutan melalui transportasi otonom.

Kini Goodyear dan Gatik telah berhasil menunjukkan dalam bukti konsep, bahwa ban pintar yang ditenagai oleh teknologi Goodyear SightLine dapat secara akurat memperkirakan potensi gesekan ban-jalan dan memberikan informasi real-time kepada sistem penggerak otomatis (ADS) dari Gatik.

Temuan ini kemudian memperluas fungsi ban mulai dari pengumpulan data penting yang dapat membantu meningkatkan keamanan dan performa kendaraan hingga meningkatkan efisiensi dan nilai bagi pelanggan Gatik di pasar jarak pendek B2B.

Berlokasi di Kanada, Goodyear dan Gatik baru-baru ini mencoba sensor kemampuan ban mendeteksi gesekan jalan dengan metoda pengukuran berkelanjutan. Sensor dipasangkan dengan data kendaraan lain dan terhubung ke algoritme milik Goodyear berbasis cloud untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan.

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo