mobilinanews

Ini Kata Ria Sungkar, Mantan Pembalap Serba Bisa Tentang Spesialisasi di Olahraga Otomotif

Senin, 17/04/2023 01:03 WIB
Ini Kata Ria Sungkar, Mantan Pembalap Serba Bisa Tentang Spesialisasi di Olahraga Otomotif
Para pembalap komunitas 3 Djaman foto bersama pada bukber di The Balai Sarwono, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023) malam

mobilinanews (Jakarta) - Apa jadinya jika pembalap dari masa ke masa berkumpul? Temu kangen, silaturahmi, makan malam dan diakhiri foto bersama. Ria Sungkar, pembalap serbabisa yang eksis di era 80-an juga hadir di acara bukber Komunitas Pembalap 3 Djaman di The Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023).

Di era Ria Sungkar, sering kali `bertarung` kecepatan dengan pembalap pria. Maklum saja, saat itu pembalap wanita masih jarang. Apa katanya tentang olahraga otomotif saat ini?

Pemilik nama asli Ria Gondokoesoemo dan nama Sungkar dari mendiang suaminya Helmy Sungkar yang juga seorang perally itu, Ria Sungkar didapuk sebagai Ketua Panitia di acara bukber kali ini.

Ria Sungkar (kiri) dan Rio Sarwono. (foto :budsan)

Menurut ibunda dari Rifat dan Rizal Sungkar, acara ini adalah dari kita untuk kita para senior dan junior. Mulai dari era 70-an, 90-an, hingga yang era sekarang semua berkumpul. Karena jarang berkumpul, ini adalah waktu yang pas untuk bersama dan bersilaturahmi.

Menurutnya, jumlah peserta yang mendaftar hingga 153 orang. Tahun lalu hanya 140-an. Artinya terjadi penambahan yang lumayan. Belum lagi yang melalui jalur japri kepada Rio Sarwono merupakan panitia sekaligus tuan rumah.

Selaku pembalap senior, Ria Sungkar menyoroti olahraga otomotif yang dulu digeluti. Di eranya olahraga otomotif khususnya rally begitu populer. 

Dikatakan, olahraga otomotif khususnya rally saat ini terus berkembang. Pembalapnya pun sudah spesialisasi tidak seperti di era Ria Sungkar di mana satu pembalap tapi mengikuti beberapa cabang olahraga otomotif.

"Kalau dulu tuh cabang otomotifnya cuma 5, sekarang sudah berkembang sekian banyaknya sampai 14 cabor kalau nggak salah sehingga pembalapnya sekarang spesialisasi. Kalau sekarang udah spesialisasi seperti dokter, kalau dulu dokter umum," terangnya pada reporter Rio Apricianditho dari Indonews.id.

Ia menyebutkan apa yang dimaksud berkembang di olahraga otomotif. Sebelumnya hanya dikenal rally tapi saat ini sudah menjadi beberapa cabang, ada Rally Time, Rally Speed, Sprint Rally hingga Slalom. Di zamannya, Ria Sungkar mengikuti semua cabang itu, maka namanya dikenal masyarakat.

Namun dia juga tak menampik bila saat ini ada pembalap wanita yang serbabisa seperti Canya Prasetyo (putri Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi) yang piawai di Slalom, Speed Offroad, Sprint Rally hingga Speed Rally.

Juga Alinka Hardianto yang mahir Slalom, Drifting, Balap Mobil hingga Speed Offroad. Alinka merupakan putri Didi Hardianto, legenda Slalom Indonesia yang kini Direktur Utama PT Sarana Sirkuitindo Utama (pengelola Sirkuit Sentul).  

Ria Sungkar berpesan, bagi mereka yang ingin terjun di olahraga otomotif sebaiknya punya interest dengan otomotif. Kemudian banyak berlatih, belajar dari para senior, ikut banyak event sehingga bisa mendapatkan spesialisasi yang disukai. Lalu fokus untuk menjadi yang terbaik. (rio, bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo