mobilinanews

MotoGP 2023 Italia: Balapan Belum Juga Dimulai, Serba Italiano Diprediksi Bakal Menguasai Baris Depan Starting Grid

Rabu, 07/06/2023 21:15 WIB
MotoGP 2023 Italia: Balapan Belum Juga Dimulai, Serba Italiano Diprediksi Bakal Menguasai Baris Depan Starting Grid
Enea Bastianini (Italia/Ducati), berharap bisa tampil penuh di Mugello sepanjang akhir pekan ini. (Foto: motogp)

mobilinanews (Italia)  - Belum dimulai, tapi GP Italia di Sirkuit Mugello pada 9-11 Juni 2023 ini sudah diharapkan menjadi pesta kebanggaan Italia. Apakah benar-benar memuaskan tifosi di racs akhir Minggu (11/6/2023)?

Sepertinya edisi GP Italia kali ini memang milik tuan rumah. Sebanyak 8 Ducati DesmosediciGP23 dan 22 meluncur dengan status favorit podium.

Pabrikan Italia lainnya, Aprilia, juga tengah naik daun. Sebagai tuan rumah, Ducati dan Aprilia, menyiapkan berbagai acara spektakular untuk komunitas masing-masing.

Di dalam pertarungan, tak kalah seru dan ini yang paling mendebarkan adalah duel sesama local hero, Francesco Bagnaia (pabrikan Ducati) dan Marco Bezzecchi (VR46 Ducati).

Keduanya hanya berbeda selisih 1 poin di klasemen sementara MotoGP. Dua-duanya anak didik sang legenda Valentino Rossi.

Bedanya, Bagnaia menggeber Desmo23 sementara Bezzecchi menunggang versi Desmo22.

Akankah Bezzecchi yang karakternya mirip Rossi itu akan kembali menggusur Bagnaia di klasemen?

Ia punya 2 kesempatan untuk mewujudkan hal itu sekaligus untuk memuaskan para penggemar fanatik Rossi yang dipastikan membludak di Mugello.

Kesempatan pertama ada di sesi sprint race Sabtu (10/6). Berikutnya pada raceday esok harinya dengan distribusi poin lebih banyak.

"Saya tak ingin terlalu banyak berpikir soal klasemen. Fokus pada race saja, sangat penting bermain bagus di depan para penggemar. Saya pikir semua pembalap Italia merasa hal sama," kata Bezzecchi sejak jauh hari.

Daya tarik lainnya adalah kemungkinan bintang tuan rumah lainnya, Enea Bastiani (pabrikan Ducati) beraksi lagi setelah menepi panjang sejak celaka di GP Portugal.

Cidera patah tulang belikatnya sudah dinyatakan sembuh. Tapi, apakah ia sudah memenuhi syarat untuk balapan, akan ditentukan pada pemeriksaan medis dokter FIM pada Kamis (8/6).

Ia sangat lolos tes medis dan bisa ikuti seluruh sesi untuk kali pertama sejak menjadi pembalap pabrikan Ducati. Eks rider Gresini Ducati itu mengaku Mugello adalah trek favorinya dan di masa lalu berulangkali tampil bagus.

"Tentu saya berharap hal sama pada tahun ini. Pasti tak mudah setelah sekian lama tak balapan. Tapi, ini home race saya dan tim. Saya akan kerahkan seluruh kemampuan," tegas Bastianini.

Untuk beradaptasi, pekan lalu Bastianini menjajal lintasan Mugello mengendarai moge Ducati Panigale VS4 S.

"Saya merasa nyaman di atas motor itu. Tapi, menunggang Desmosedici tentu akan berbeda dalam banyak hal. Tapi, saya sangat termotivasi."

Rider Italia lainnya yang jadi local hero dan punya tekad sama adalah Luca Marini (VR46 Ducati), Franco Morbidelli (Yamaha) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati).

Ada satu lagi yang bisa saja bikin kejutan di Mugello, yakni tester Ducati Michelle Pirro. Ia paling berpengalaman di Mugello dibandjngkan semua joki MotoGP saat ini.

Meski tampil lewat jatah wild card, Pirro bisa saja jadi masalah bagi musuh-musuh Ducati. (rn)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo