mobilinanews

Danau Toba Rally 2023 : Perally Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Optimis Ulang Sukses

Sabtu, 24/06/2023 01:03 WIB
Danau Toba Rally 2023 : Perally Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia Optimis Ulang Sukses
Perally Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto menggunakan Yaris GR Sport optimis bisa mengulang sukses di Danau Toba Kejurnas Rally. (foto : kolase)

mobilinanews (Simalungun) - Perally Toyota Gazoo Racing Indonesia, Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto menyebutkan bahwa debu menjadi tantangan di Danau Toba Rally 2023 ini.  

"Jika tahun lalu banyak bebatuan dan kerikil, kali ini ganti debu yang mewarnai lintasan rally di Danau Toba Rally. Namun debu akan hilang jika turun hujan tentunya," ungkap Ryan Nirwan saat preskon pada Jumat (23/6/2023) siang.

"Sebenarnya yang pertama kami dari rekan-rekan perally mau berterima kasih dulu kepada kawan-kawan di Sumut yakni Om Ijeck dan Om Harun yang dua tahun ini selalu menghadirkan rally di Danau Toba. Suatu kebanggaan baginya bisa kembali ke Danau Toba Rally 2023," terang Ryan Nirwan yang akan mengendarai Yaris GR Sport AP4.

"Persiapan kita seminggu ini kita rasa sudah cukup matang. Selasa saya sudah tes rute dan kemarin juga sudah ikut Shakedown dan mudah-mudahan semuanya lancarnya," harap Ryan Nirwan putra dari perally senior Roy Nirwan dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ryan Nirwan berharap, di Danau Toba Rally 2023 ini bisa kembali menjadi juara seperti pada seri pertama tahun lalu. "Target kita kembali menjadi pemenang dan juara nasional," optimis Ryan Nirwan.

Saat temu pers itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) yang merupakan perally nasional papan atas Musa Rajeckshah atau yang kerap disapa Ijeck mengatakan tantangan di Danau Toba Rally 2023 adalah debu. Ini berbeda dengan Rally Danau Toba 2022 yang mayoritas menjadi tantangannya adalah kerikil.  

"Jadi ini berbeda dengan yang kemarin ya. Seri tahun lalu karena hujan jadi debunya tidak banyak. Yang malah dikeluhkan itu adalah batu-batu kerikil di lintasannya. Terus setelah kita bicarakan dengan pihak TPL, mereka timbun jalan dan akhirnya yang jadi tantangan rally sekarang debunya," ujar Ijeck.

Meskipun begitu, bagi tim Bla Bla Bla Motorsport tersebut, semua special stage (SS) tetap spesial. Baik itu SS yang berada di Huta Tonga, Aek Nauli dan Gorbus semuanya menjadi lintasan favorit dan tantangan tersendiri.

Setelah sukses dengan penyelenggaran Danau Toba Rally 2022 baik Kejurnas Rally maupun putaran dari APRC, IMI Sumatera Utara kembali menggelar Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally Tahun 2023 yang dikemas dalam 2 (dua) hari yaitu hari Sabtu dan Minggu 24-25 Juni 2023.

Danau Toba Rally 2023 digelar berlokasi di sekitar Danau Toba, yaitu kawasan Hutan Tanaman Industri TPL, Sektor Aek Nauli Parapat milik Toba Pulp Lestari dan Perkebunan Huta Tonga, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally Putaran pertama ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Rally di Sumatera Utara pada tahun 2023, yang akan diikuti dengan penyelenggaraan dua putaran APRC pada bulan September dan November 2023, dan direncanakan akan digelar di lokasi yang sama.  

Lintasan balapan Aek Nauli, Gorbus dan Huta Tonga merupakan nama yang cukup popular di kalangan Komunitas Rally karena merupakan bagian lintasan SS pada WRC 1996 dan 1997 dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007 dan terakhir pada Kejurnas Rally dan APRC 2022.    

Dipilihnya kawasan sekitar Danau Toba ini adalah dalam rangka mendukung promosi Pariwisata Kawasan Danau Toba, sekaligus memperkenalkan Sumatera Utara kepada masyarakat luas sebagai daerah destinasi wisata di tanah air dengan Danau Toba sebagai tujuan utama wisata.  

Untuk kegiatan ralli yang di mulai Hari Sabtu besok (24/6/23), peserta Rally menjalani Rally Leg pertama terdiri dari 6 (enam) SS, sementara pada hari Minggu (25/6/23), para perelli akan melanjutkan balapan pada Leg kedua, terdiri dari 3 (tiga) SS. (bs)


 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo