mobilinanews

Kiprah 28 Tahun Tomi Airbrush, Rambah Bisnis Lampu Kendaraan

Minggu, 25/06/2023 01:38 WIB
Kiprah 28 Tahun Tomi Airbrush, Rambah Bisnis Lampu Kendaraan
Hasil karya ubahan lampu mobil by Tomy melalui Yoong Motor

mobilinanews (Jakarta) - Kiprah 28 tahun bengkel Tomi Airbrush, bukan sebuah perjalanan yang sebentar. Waktu panjang itu mengasah skill dan menjadikan Tomi Airbrush menjadi pemain utama yang profesional di bidang pengecatan mobil.

Dalam perjalanannya Tomy Gunawan, CEO bengkel modifikasi Tomi Airbrush yang dikenal gigih dan pekerja keras berhasil membangun imagenya yang kuat di kalangan otomotif profesional. Hal itu yang ia jaga selama 28 tahun dan melahirkan kepercayaan insan otomotif.

Kisah perjalanan Tomy di industri otomotif Tanah Air berawal dari sebuah hobi. Kisahnya diawali dari tantangan teman sekolahnya semasa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Strada di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat medio tahun 1995.

Tomy saat itu mengecat helm polos miliknya dengan cat semprot kemasan kaleng. Teman-temannya tertarik dengan hasil `tangan dingin Tomy. Tantangan berlanjut ia diminta mengecat airbrush sebuah motor hasil rekomendasi dari temannya semasa sekolah SMK.

Pengalaman itu yang menjadi proyek pertama Tomy dan membawanya menggeluti dunia modifikasi airbrush sebuah motor. Keberhasilan tersebut juga menjadi jembatan Tomy untuk menerima job modifikasi airbrush untuk motor-motor lainnya.

Kreativitasnya “membungkus” bodi motor dengan cat airbrush itulah yang mendatangkan penghargaan dari banyak kontes-kontes modifikasi motor di Tanah Air, terutama Jakarta. Kemudian lahir workshop modifikasi kecil-kecilan di Kemayoran yang terus melejit.

Tahun 2003 Tomy kembali mendapatkan tantangan yang juga mengasah kemampuannya mengecat airbrush. Ia kemudian mendapat kesempatan mengecat airbrush sebuah mobil yang akan dipertarungkan dalam ajang kontes modifikasi lokal dan menjadi juara yang melambungkan namanya.

Dalam perjalanan merintis bengkel atau usaha modifikasi Tomi Airbrush juga menempa Tomy untuk terus menjadi pribadi yang tangguh, disiplin dan professional. Berpindah tempat usaha bukanlah persoalan mudah, dari awal di rumah, berlanjut di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, dan yang terakhir di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat hingga saat ini.

“Banyak tantangan yang datang dan berujung baik, namun banyak juga yang berujung tak baik, semua dijadikan pengalaman untuk lebih baik lagi,” demikian prinsip yang dipegang Tomy kala itu.

Dari perjalanan panjangnya, Tomy akhirnya menyadari bajwa tiddak ada usaha keras yang gagal. Semua keringat akan menggaransi harapan yang menjadi kesuksesan.

“Jatuh bangun menjadi hal yang biasa di setiap bisnis tapi yang penting terus berusaha. Kesusksesan tidak berbicara tentang 9 kali kegagalan tapi tentang 10 kali bangkit dari keterpurukan,” demikian motto yang selalu dipegang oleh pria yang dikenal ramah dan murah senyum ini.

Rambah Bisnis Repair dan Modifikasi Lampu

Setelah namanya mentereng di dunia modifikasi banyak pabrikan otomotif juga kerap menggandeng Tomy untuk proyek-proyek besar penjualan kendaraan hasil produksinya. Tomi Airbrush sudah tak asing menggarap proyek modifikasi airbrush, bodi, interior, eksterior hingga restorasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Tak hanya itu, proyek modifikasi dan repair lainnya serta sepeda pun kerap datang ke bengkel yang bermarkas di kawasan jalan Kebon Raya No. 103, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini.

Semakin tertantang, Tomy kini merambah dunia repair dan modifikasi lampu kendaraan, khususnya mobil. Berawal dari banyaknya berdiskusi dengan para pelanggannya, ia kerap menemui keluhan dari pelanggan terkait lampu mobil miliknya tak terang, meskipun usia mobilnya kurang dari lima tahun.

Mencoba menelusuri dan mencari solusi atas keluhan tersebut, Tomy memberanikan diri untuk juga merambah bisnis lampu di Jakarta. Berbekal kerja sama dengan mengusung nama Yoong Motor Jakarta, Tomy lagi-lagi sukses mencuri perhatian kalangan penggemar otomotif Tanah Air, terutama kawasan Ibukota.

Cara unik Tomi dalam meraih pelanggan di dunia modifikasi lampu dengan memberlakukan treatment modifikasi lampu mobil tanpa merusak jalur perkabelan orisinil dari lampu mobil tersebut. Ia juga kerap memadukan mini projector, yang sangat membantu pengemudi dalam mengontrol situasi jalan yang gelap karena faktor cuaca, hujan lebat dan kabut.

Strategi kedua, Tomy tawarkan pemasangan foglamp. Dua cara tersebut tidak akan mengganggu jalur kabel asli bawaan pabrik, sehingga jangan khawatir, garansi mobil akan tetap berlaku.

“Kami melakukan pemasangan lampu dengan jalur kabel sesuai wiring diagram dari setiap mobil. Ini menjadi prisnisp dasar, tentu tujuannya agar instalasi lampu mobil tetap aman dan hasil modifikasi lampunya tetap berfungsi sebagaimana mestinya,” tegas Tomy.

Tak hanya itu, Tomy juga mengembangkan kreativitas dan profesionalitasnya dalam dunia repair lampu. Kemampuan ini ia gunakan untuk melayani pelanggannya yang mengeluhkan lampu mobil rusak sehingga menjadi tak terang. Ia sanggup mengerjakan repair lampu mobil apapun, mulai dari mobil kelas biasa hingga mewah bahkan mobil sport.

“Ada beberapa kasus yang sempat kami tangani, lampu mobil sudah tidak terang, penyebabnya karena adanya kesalahan dalam penggunaan bahkan juga karena faktor usia, saya menjamin hasilnya bisa kembali seperti semula bahkan daya pancarnya juga terang pasca dilakukan repair lampu,” tukasnya.

Kerja kerasnya dalam membangun bisnis modifikasi dan repair lampu juga berbuah manis. Kini, Tomy telah memiliki tiga buah cabang bengkel spesialis lampu Yoong Motor Jakarta, satu atap dengan Tomi Airbrush, Yoong Motor Pantai Indah Kapuk, dan terbaru Yoong Motor Kelapa Gading yang baru saja launching Mei lalu, hasil kerja sama dengan Yoong Motor.

Pada akhirnya, kini Tomy juga tak lupa diri, ia memastikan bahwa dirinya senantiasa siap mendukung teman-temannya yang ingin berjuang di bisnis atau industri otomotif.

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo