mobilinanews

MotoGP 2023 Belanda: Pengejaran Bezzecchi Dicicil 12 Poin Sprint Race, Quartararo Dapat Lungsuran Podium

Sabtu, 24/06/2023 21:09 WIB
MotoGP 2023 Belanda: Pengejaran Bezzecchi Dicicil 12 Poin Sprint Race, Quartararo Dapat Lungsuran Podium
Marco Bezzecchi (Iatalia/VR46 Ducati). (Foto: motogp)

mobilinanews (Belanda) - Penampilan apik Marco Bezzecchi dari sesi latihan dan kualifikasi GP Belanda membuahkan hasil 12 poin, berkat kemenangan sesi Sprint Race, Sabtu (24/6) di Sirkuit Assen.

Meski sempat disalip Francesco Bagnaia (Ducati) dan Brad Binder (KTM) di awal race, Bezzecchi yang start dari pole position tak perlu waktu lama untuk mengambil alih posisi terdepan. Selanjutnya rider tim VR46 Ducati itu tak tertandingi dan menyentuh garis finish dengan marjin 1,2 detik atas Bagnaia.

Artinya dalam sesi tersebut Bezzecchi hanya bisa mencuri 3 poin penting dari Bagnaia. Mengurangi selisih poin yang tadinya 34 menjadi 31 dalam klasemen baru kelas primer.

Tapi, terkait rivalitas dengan Jorge Martin (Pramac Ducati), perolehan poin Bezzecchi terbilang krusial. Ia dapat kelebihan 8 poin karena Martin finish P6 dengan ganjaran 4 poin. Itu pun sudah beruntung bagi Martin yang start P10 akibat crash di sesi kualifikasi.

Kini jarak keduanya semakin rapat di klasemen, dari selisih 18 poin menjadi 10. Martin masih berada di P2 klasemen sementara dengan poin 148 sedangkan Bezzecchi memiliki total poin 138. Bagnaia masih memimpin klasemen dengan total poin 169.

Pengejaran Bezzecchi selanjutnya terjadi pada balapan utama Minggu (25/6). Yang menarik ditunggu adalah berapa poin lagi yang bisa dicuri Bezzecchi dari Martin, untuk mengambil alih kembali P2 di klasemen? Besok posisi start tak berubah, Bezzecchi dsri pole position sedangkan Martin dari starting grid ke-10.

Kejutan justru muncul daei skuad Yamaha. Sirkuit Assen di masa lalu memang selalu bagus buat pabrikan Jepang itu. Dan sekarang juga bisa jadi masih demikian. Pasalnya di sinilah Fabio Quartararo meraih posisi start ke-4 yang merupakan hasil kulaifikasi terbaiknya sepanjang musim 2023. 

Posisi itu tetap ia pertahankan karena kalah bersaing melawan Brad Binder (KTM) ke zona podium.

Namun stewards membuat keputusan menyakitkan buat Binder. Ia dihukum long lap penalty karena melanggar track limit. Ia turun ke posisi finish 5, menjadikan Quartararo naik podium kali pertama musim ini. Aleix Espargaro (Aprlia) turut menikmati lungsuran dengan naik ke posisi 4.

Dalam komentarnya, Bezzecchi menilai DesmosediciGP22 tunggangannya sangat lembut diajak tarung di Assen. Membuatnya unggul sejak sesi latihan.

"Esok ada race yang lebih berat. Saya harap hasilnya seperti hari ini," katanya.

Jika besok ia P1 lagi dengan ganjaran 25 poin sementara Martin gagal manggung ke podium maka Bezzecchi akan kembali ke tempatnya semula, yakni P2 di klasemen sementara. Kembali jadi seteru terdekat Bagnaia di jalur perebutan gelar. (rn)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo