mobilinanews

F1 2023 Austria: Terancam Gagal Mengaspal, Red Bull Siapkan 2 Pengganti Sergio Perez, Ricciardo Tak Termasuk

Jum'at, 30/06/2023 01:28 WIB
F1 2023 Austria: Terancam Gagal Mengaspal, Red Bull Siapkan 2 Pengganti Sergio Perez, Ricciardo Tak Termasuk
Sergio Perez (Meksiko/Red Bull Racing). (Foto: f1)

mobilinanews (Austria) - Berita tak sedap datang dari tim Red Bull Racing (RBR). Ada kemungkinan Sergio Perez lewatkan GP Austria akhir pekan ini di Sirkuit Red Bull Ring yang notabene kandang mereka sendiri.

Pembalap asal Meksiko itu tak tampak sepanjang Kamis (29/6/2023) dan melewatkan sesi jumpa pers serta aktivitas promosi lainnya.

"Checo sakit sejak kemarin malam. Sepanjang Kamis, ia harus istirahat, tapi kami yakin ia akan sembuh secepatnya," tulis tim komunikasi RBR lewat rilis singkat kepada media.

RBR tidak menyebut sakit apa yang diderita Perez. Tapi, mengingat tim sudah menyiapkan 2 nama sebagai calon penggantinya maka muncul spekulasi penyakit Perez sangat berpotensi membuatnya absen dalam race penting itu.

Pembalap tim AlphaTauri Nyck de Vries jadi pembalap pertama yang dislot jadi pengganti. Ini sekaligus memberi kesempatan driver Belanda itu untuk kali pertama mencicipi RB19.

Pembalap cadangan RBR, Liam Lawson juga disiapkan sebagai alternatif. Pembalap ketiga RBR Daniel Ricciardo tak masuk nominasi karena ia punya program tersendiri yang harus disiapkan tim ke GP Inggris nanti.

Bagi Perez, seri Austria sangat penting dan vital. Membuatnya harus fit melakoni sesi latihan dan kualifikasi pada Jumat (30/6) ini. Sebab, di GP Austria ini akan ada sprint race pada sesi Sabtu.

Karena itu sesi Latihan Bebas hanya berlangsung sekali pada Jumat dan dilanjut dengan sesi kualifikasi ke raceday Minggu nanti.

Shootout atau kualifikasi untuk Sprint Race berlangsung Sabtu pagi dan diteruskan balapan berdurasi 100 km itu pada sorenya dengan memperebutkan poin ekstra pada klasemen 2023.

Ironisnya, justru pada event inilah Perez sangat membutuhkan poin. Gara-garanya ia hanya mendapuk 21 poin dalam 3 seri terdahulu di Monako, Spanyol dan Kanada. Membuatnya semakin jauh dengan Max Verstappen pada jalur perebutan gelar 2023, dengan selisih poin 69. 

Saat sama, posisinya di peringkat kedua klasemen sementara juga terancam oleh Fernando Alonso (Aston Martin). Pembalap gaek itu berada di P3, hanya terpaut 9 angka dengan Perez.

Jadi, andai Perez gagal mengaspal di Austria maka sangat besar kemungkinan posisinya di klasemen tergusur oleh Alonso.

Jika Perez tidak tampil pada latihan Jumat ini maka kemungkinan besar ia tak tampil juga di sesi berikutnya. Kalaupun tampil namun tidak dalam kondisi bugar 100% maka itu juga jelas tak baik untuk dirinya maupun tim. (rn)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo