mobilinanews

MotoGP 2023: Kontrak di Yamaha Habis, Franco Morbidelli Dikabarkan Dapat Jatah Seat di Ducati Musim Depan

Jum'at, 30/06/2023 17:41 WIB
MotoGP 2023: Kontrak di Yamaha Habis, Franco Morbidelli Dikabarkan Dapat Jatah Seat di Ducati Musim Depan
Franco Morbidelli (Italia) di GP Belanda, mulai positif di Yamaha namun dikabarkan memiilih pindah tahun depan. (Foto: yamaha)

mobilnanews (Italia) - Libur musim panas ini adalah deadline tim pabrikan Yamaha untuk menentukan nasib Franco Morbidelli di MotoGP, apakah kontrak yang berakhir akhir tahun ini berlanjut atau tidak.

Tapi, sebelum Yamaha mengetuk palu rupanya pembalap adik didik Valentino Rossi itu sudah menemukan jalan sendiri.

Menurut media Italia TodoCircuito, kini Morbidelli terhubung dengan tim Gresini Ducati. Ia tak ingin berspekulasi dengan putusan Yamaha meski dalam tiga race terakhir unggul atas rekan satu timnya, Fabio Quartararo.

Terakhir di GP Belanda ia finish P9 meski start dari P15. Di klasemen sementara pun posisinya tak jauh dari Quartararo si juara dunia 2021.

Masih menurut media yang sama, Morbidelli akan menggantikan pembalap Italia lainnya di Gresini Ducati, Fabio Di Giannantonio yang dikabarkan akan pindah ke ajang WSBK. Jika kontrak Alex Marquez berlanjut di Gresini maka Morbidelli akan berpasangan dengan adik kandung Marc Marquez (Honda) itu.

Belum ada konfirmasi dari Morbidelli, Yamaha, Gresini ataupun Ducati soal langkah lanjutan Morbidelli ke musim 2024. Hanya saja Ducati sudah putuskan tetap menurunkan 8 joki Ducati dalam 4 tim pada 2024, seperti tahun ini. Jelas, dari kacamata Ducati, Giannantonio adalah joki yang paling layak diganti karena sepanjang musim ini tak memenuhi target prestasi.

Dengan tradisi Ducati selama ini yang memprioritaskan rider Italia, maka perpindahan Morbidelli tahun ini terbilang realistis.

Lantas, siapa pengganti Morbidelli di Yamaha?

Setelah gagal menggaet Jorge Martin dari Pramac Ducati, kini Yamaha dikabarkan membidik dua mantan joki Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir yang sekarang berada di skuad LCR Honda dan Repsol Honda. Kebetulan keduanya tak kunjung membaik di tim barunya, terutama Mir yang tak kunjung nge-grip dengan karakter motor RC213V.

Itu baru rumor. Namun sudah ada klarifikasi dari manajer Mir bahwa juara dunia 2020 itu tak akan pergi dari Honda pada akhir musim ini. Dari kubu Rins belum ada komentar apa pun. (rn)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo