mobilinanews

Juara 2 Debut di Kelas M1 KFC Danau Toba Rally 2023, Hade Mboi: Niatnya Mau Adaptasi Dulu Hyundai i20N Rally 2!

Sabtu, 01/07/2023 21:48 WIB
Juara 2 Debut di Kelas M1 KFC Danau Toba Rally 2023, Hade Mboi: Niatnya Mau Adaptasi Dulu Hyundai i20N Rally 2!
Penampakan Hyundai i20N Rally 2 tunggangan baru perally H Rahmat dan co-driver Hade Mboi di KFC Danau Toba Rally 2023, 24-25 Juni lalu

mobilinanews (Simalungun) - Duet perally dan co-driver H Rahmat dan Hade Mboi dari tim LFN Sederhana Motorsport, turun ke ajang Kejurnas KFC Danau Toba Rally 2023 niat awalnya ingin lebih banyak belajar sekaligus adaptasi dengan mobil barunya : Hyundai i20N Rally 2 (spec kelas M1).

Kenapa belajar dan adaptasi? Karena mobil itu baru sampai Indonesia beberapa pekan lalu. Iya, Ame - sapaan akrab H Rahmat - memang mengganti mobil rally-nya dari Nissan Micra Proto (spec kelas M2) dengan Hyundai i20N Rally 2 spec kelas M1. 

Otomatis, Ame dan Hade mulai nyemplung di kelas M1 musim 2023 ini. Oya, Ame adalah kakak dari H Putra Rizky yang juga perally dan pemilik tim balap motor LFN HPutra969.  

Namun ternyata, baru adaptasi saja, hasilnya sangat memuaskan. Pada debutnya di kelas M1, Ame dan Hade sukses mencapai runner up (juara 2) Kejuaraan Umum (Overall) pada rally yang dilangsungkan 24-25 Juni 2023 di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara itu. Maka harapan pun melambung.   

 Duet Ame dan Hade dengan Hyundai i20N Rally 2 di KFC Danau Toba Rally 2023

"KFC Danau Toba Rally kemarin ok sih buat kita. Memang dari awal, niatnya lebih banyak untuk belajar dan adaptasi sama mobilnya. Jadi lebih fokus untuk nyoba-nyoba settingan, dan nggak bikin salah aja," buka Hade Mboi, sang co-driver kepada mobilinanews.

Namun ternyata hasil akhir jadi ke-2, diakui Hade Mboi, rasanya nggak lepas dari masalah-masalah yang dialami perally lain. "Jadi tidak murni karena kami jago sih. Hanya kami memang mencoba main konsisten di rally kemarin, dan rasanya cukup berhasil."

Terkait dengan mobil barunya, disebutkan co-driver senior dengan segudang pengalaman ini, memang oke punya. 

"Mobil sih sip banget. Emang bedalah kalau dibanding mobil kami sebelumnya. Makanya kami lebih fokus buat adaptasi orangnya," sambung Hade.

Langsung pasang target maksimal : juara nasional 2023

Dan ternyata menurut Hade, Hyundai i20N Rally 2 ini berbeda dengan Hyundai R5. Diakui, belum pernah nyobain Hyundai R5 yang versi sebelumnya. Tapi menurutnya beda-beda tipislah harusnya secara speed, handling dan lain-lain.

Soal alasan kenapa pilihan Hyundai, ini kata Hade Mboi. "Kalo dasarnya kenapa pake Hyundai, emang kita dapat good deal aja dari Hyundai Belgia ini. Baik secara harga, paket support dll," terang putra mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi itu. 

Lantas terkait Hyundai i20N Rally 2 kok bisa setir kanan, memang sengaja di-convert ke setir kanan. "Karena Ame merasa lebih nyaman untuk nyetir setir kanan, dan kita nggak ada rencana untuk ikut WRC juga." 

Ame dan Hade Mboi di podium juara 2 Kejuaraan Umum

Seperti halnya mobil balap baru lainnya, pihak LFN Sederhana Motorsport juga disupport 2 makenik dari pabrikan Hyundai. "Kemarin belum pake mekanik dari Belgia, karena kebetulan nggak bisa dateng, secara kepastian eventnya juga agak mepet. Jadi kemarin kita disupport 2 mekanik dari New Zealand," imbuh Hade.

Lalu, bagaimana strategi menghadapi 3 seri Kejurnas Rally 2023 ke depan?

"Kita cukup yakin bisa naikin lagi speed kita, untuk bisa lebih bersaing dengan yang lain," kata Hade Mboi.

Target tahun ini? "Target kita tahun ini, juara nasional (rally)...," tegas Hade Mboi. (budsan)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo