mobilinanews

F1 2023 Inggris: Tantangan Menarik Ferrari SF23, Charles Leclerc Canangkan Target Podium

Rabu, 05/07/2023 00:28 WIB
F1 2023 Inggris: Tantangan Menarik Ferrari SF23, Charles Leclerc Canangkan Target Podium
Charles Leclerc (Monaco/Ferrari) punya misi khusus ke GP Inggris akhir pekan ini. (Foto: f1i)

mobilinanews (Inggris) - Seri ke-10 kompetisi F1 2023 berlangsung di GP Inggris, Silverstone, 7-9 Juli 2023. Akankah Ferrari mampu mengimbangi atau setidaknya lebih rapat dengan Red Bull Racing?

Pertanyaan itu tak hanya menggelitik fans Formula 1, tapi juga bikin penasaran Leclerc. Ada beberapa hal yang membuatnya on fire menuju Silverstone, trek ikonik F1 yang menyajikan 18 tikungan dengan jarak tempuh 5,891 km.

Tikungannya banyak berkarakter cepat. Sangat bertolak belakang dengan GP Austria, di Red Bull Ring, yang hanya terdiri dari 10 tikungan dan mayoritas berkarakter lambat.

"Hasil sangat positif di Red Bull Ring jadi konfirmasi kalau pengembangan Ferrari SF23 berada di jalur yang benar. Saatnya kami menguji efeknya pada trek berkarakter cepat di Silverstone," kata Leclerc.

Ferrari memperkenalkan up grade besar-besaran di sektor aerodinamika pada GP Spanyol dan pengembangan lanjut berupa sayap depan dan lantai mobil di seri Austria.

Hasilnya, Leclerc bisa mengimbangi catatan waktu Max Verstappen dengan selisih 0,048 detik di kualifikasi, start front row dan berakhir di atas podium.

"Sangat menyenangkan bisa kembali ke podium. Semuanya berkat pengembangan yang dilakukan tim. Saya merasa nyaman di atas mobil dan performa membaik secara signifikan," imbuhnya.

Meski begitu Leclerc sama sekali tak bermimpi untuk mengalahkan Red Bull Racing di Silverstone nanti meski tahun lalu Ferrari juara di sana lewat Carlos Sainz. Ia realistis kalau RB19 besutan rival masih lebih cepat dibandingkan SF23, terutama saat race panjang.

"Target saya hanyalah P2 di belakang Mr. Verstappen jika tidak bisa lebih dari itu," ujar pembalap asal Monaco itu.

Yang tak kalah penting adalah ujian lanjutan SF23 dengan paket berkesinambungannya. Silverstone menjadi ajang uji coba yang menarik untuk melihat sejauhmana performa SF23 di tikungan cepat.

"Selama ini kelemahan kami salah satunya ada pada tikungan cepat. Jadi sangat menarik menguji hasilnya di Silverstone, apakah paket baru SF23 sangat membantu atau tidak, " imbuhnya. (rn)

 

 

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo