mobilinanews

MotoGP 2024 : Selain Alex Rins dan Franco Morbidelli, Pembalap Ini Juga Bakal Ganti Tim Baru

Selasa, 11/07/2023 01:51 WIB
MotoGP 2024 : Selain Alex Rins dan Franco Morbidelli, Pembalap Ini Juga Bakal Ganti Tim Baru
Alex Rins (Spanyol/LCR Honda), tinggal tunggu pengumuman resmi pindah ke Yamaha. (Foto: bikesportnews)

mobilinanews (Italia) - Rumor yang selama ini  berkembang sepertinya akan terwujud. Bahwa Alex Rins akan gantikan Franco Morbidelli di tim Yamaha. Manajer dan talent scouter berpengalaman  Carlo Pernat memastikannya.

Rins baru musim ini masuk LCR Honda dengan kontrak hingga akhir 2024. Hanya saja ia bisa pergi sebelum kontrak selesai jika ada tawaran dari tim pabrikan. Itu wajar terjadi di tim satelit MotoGP.

Eks pembalap Suzuki itu menjuarai seri GP AS lalu dan jadi satu-satunya kemenangan Honda sepanjang musim 2023 ini.

Tapi  ia kesal di tim satelit Honda itu lantaran tak dapat paket pengembangan RC213V seperti halnya Marc Marquez dan Joan Mir di tim Repsol Honda. Rins juga ingin menggunakan sasis Kalex seperti Marquez tapi tak kunjung dikasi Honda.

Seperti rumor lainnya, Morbidelli akan pindah ke tim VR46 Racing Ducati milik Valentino Rossi. Ia menggantikan Marco Bezzecchi yang sama-sama didikan Rossi di  camp Tavuilla.

Bezzecchi yang saat ini berada di jalur perebutan gelar 2023 digeser ke tim Pramac Ducati menggantikan Johann Zarco yang bakal out dari MotoGP.

Pindah ke Pramac berarti tahun depan Bezzecchi menggeber DesmosediciGP24 seperti keinginannya punya motor spek.pabrikan. Bersama Jorge Martin, keduanya bakal jadi duet hebat yang bakal mengancam tim pabrikan mana pun.

Kemungkinan lain buat Morbidelli adalah menggantikan rider Italia lainnya  Fabio Di Giannantonio, di tim Gresini Ducati.

Kalau skenario ini yang terjadi maka ada kesempatan Ducati ataupun Rossi untuk mempromosikan rider baru sebagai pengganti Bezzecchi di VR46 Racing.

Buat Yamaha,  Rins adalah kandidat sepadan untuk berduet dengan juara dunia 2021 Fabio Quartararo. Pabrikan ini butuh joki berpengalaman untuk mengembangkan Yamaha YZR M1 karena mereka tak punya tim satelit.

Apalagi Rins semasa di Suzuki menggeber mesin yang karakternya sama dengan M1. Itu juga yang diharapkan Quartararo.

"Saya tak peduli siapa orangnya, yang penting berpengalaman," kata pembalap Prancis itu.

Lantas siapa pengganti Rins di LCR Honda?

Ada 2 kandidat pendamping Takaaki Nakagami pada 2024. Mereka adalah pembalap binaan Honda, Ai Ogura, runner up kejuaraan Moto2 2022. Calon satunya adalah mantan Iker Lacuona, eks pembalap MotoGP yang kini main di WSBK. (rn)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo