mobilinanews

Kejurnas Sprint Rally 2023 Rd 3 Malang Dibanjiri 151 Starter Termasuk Ricardo Gelael, Ternyata Ini Daya Tariknya

Kamis, 20/07/2023 15:28 WIB
Kejurnas Sprint Rally 2023 Rd 3 Malang Dibanjiri 151 Starter Termasuk Ricardo Gelael, Ternyata Ini Daya Tariknya
Ricardo Gelael dengan co-driver Ian Soejono pada sesi latihan Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 3 di Lawang, Malang, Rabu (19/7/2023). (foto : team jagonya ayam)

mobilinanews (Malang) - Lagi, event bertajuk Pertamax Turbo Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2023 putaran 3 di Puslatker TNI-AL Bedali Lawang, Malang, digelar 22-23 Juli dibanjiri peserta. 

Penyelenggara Bintang Automotive yang dikomandani Eryanto Subaktiawan terpaksa menutup pendaftaran di angka 151 starter demi kenyamanan peserta itu sendiri. 

Yang menarik, hampir seluruh jagoan rally di Tanah Air ikutan event Sprint Rally di Kabupaten Malang memperebutkan Piala Wakil Ketua MPR-RI, Dewan Pertimbangan Pusat GM FKPPI serta Piala Bupati Malang ini.

Trek diperlebar dan dihalusin

Mungkin hanya Ijeck Wagub Sumatra Utara yang tidak bisa ikutan karena lagi sakit dan si anak ajaib Bintang Barlean karena mesin mobil Subaru-nya rusak dan tengah pesan dari Jepang.

Dari 151 starter tersebut, termasuk Ricardo Gelael, perally gaek dari Team Jagonya Ayam, yang selama ini hanya tertarik kepada ajang Speed Rally.

Lalu, apa yang membuat event Sprint Rally yang digelar di areal kebun tebu ini begitu menyedot animo penggiat rally?

Eryanto Subaktian selaku Ketua Panitia dari Bintang Automotive mencoba memberikan penjelasan.

Practice telah dibuka sejak hari Senin

"Alhamdulillah, hampir semua tim besar turun di Sprint Rally Malang. Seperti Team Jagonya Ayam om Kadok (Ricardo Gelael), tim HRVT, LFN Sederhana Motorsport, Toyota Gazoo Racing Indonesia, Banteng Motorsport, DMO Garage, Gazpoll Racing Team hingga Delta Garage Racing Team," ujar Tanto - sapaan akrabnya - kepada mobilinanews.      

Tanto yang juga seorang perally ini mengaku, antusias perally sekarang ini meningkat tajam. "Perally Group R sampai 34 mobil, dan Group F hingga 55 mobil. Rasanya, belum pernah sebuah event Sprint Rally diikuti starter sebanyak ini dengan perbandingan Group R dan Group F hampir sama banyaknya," terangnya.

Penyelenggara menyiapkan beberapa mobil tangki untuk menyiram lintasan berdebu

Beberapa alasan diungkap Tanto, diantaranya secara lokasinya dekat dan mudah dijangkau. "Lalu, treknya bagus dengan jalanannya saya bikin lebih lebar lagi. Terus saya ratakan kontur jalannya, juga bervariasi ada jurang kelihatan ada pohon tebu," imbuh Tanto.  

Selain itu, lanjut Tanto, di Malang ini suspensi mobil relatif aman karena lintasannya gravel (tanah liat), udaranya dingin dan segar karena dikelilingi Gunung Bromo, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

"SS (Special Stage) juga saya perpanjang, atas masukan teman-teman komunitas rally. Kalau pada seri 2 lalu panjang 4,8 km kini menjadi 5,25 km. Jadi peserta puas, dan mudah-mudahan event bisa berjalan lancar," beber Tanto.

Nissan 311 bermesin Silvia SR20 andalan Eryanto Subaktiawan di kelas R2

Penyelenggara juga memberikan kesempatan practice (latihan) lebih awal kepada tim-tim, yang sudah dibuka dari Senin hingga Rabu kemarin. Sehingga peserta Sprint Rally puas. Mengikuti Sprint Rally serasa Speed Rally (Rally panjang).

Untuk meramaikan event, Tanto sendiri turun berlomba sebagai peserta. "Saya ikut di kelas R2 pake Nissan 311 RWD (Rear Wheel Drive) menggunakan mesin Silvia SR 20. Sedangkan anak saya, Tody Irsya Ramadhan juga turun, pake Mazda Cosmo Rotary di kelas R3," pungkas Tanto. 

Tak lupa, Tanto juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak yang mensupport Pertamax Turbo Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2023 putaran 3, di antaranya HRVRT, Pertamina Fastron, Inter Sport, Takatrans, Institut Teknologi Nasional Malang, LFN serta JNE Express. (budsan)

Entry List :

 


 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo