mobilinanews

H Putra Rizky, Debutan Istimewa Pimpin Klasemen dan Kandidat Juara Nasional Sprint Rally 2023

Sabtu, 29/07/2023 11:18 WIB
H Putra Rizky, Debutan Istimewa Pimpin Klasemen dan Kandidat Juara Nasional Sprint Rally 2023
Navigator M Redwan (kiri) dan perally H Putra Rizky, kini pimpin klasemen Kejurnas Sprint rally 2023

mobilinanews (Jakarta) - Meski finish sebagai juara 2 kelas M1 dan Overall pada seri 3 Kejurnas Sprint Rally 2023 di Malang, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (21-22/7/2023), namun perally H Putra Rizky dan navigator M Redwan masih tetap memimpin klasemen.

Dengan menambah 12 poin sebagai runner up di Malang, H Putra yang menggunakan Skoda Fabia Evo kini mengumpulkan 39 poin. 

Rinciannya adalah sebagai berikut, 15 poin dari meraih juara 1 seri pertama Kejurnas Sprint Rally di Jalak Harupat Bandung (10-11 Februari 2023). Kemudian 12 poin sebagai juara 2 seri 2 di Malang (20-21 Mei 2023) serta 12 poin kembali juara 2 seri 3 di Malang (22-23 Juli 2023).

Perally HRVRT Mitra Ford H Rihans Variza dengan co-driver Anthony Sarwono menempati urutan kedua dengan 35 poin, dari juara 3 seri 1, juara 1 seri 2 dan juara 3 seri 3.

Posisi 3 ditempati perally Toyota Gazoo Racing Indonesia, Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto. Penunggang Yaris AP4 ini, mengumpulkan 20 poin.

Meski begitu, persaingan masih akan berlangsung ketat pada 3 seri yang tersisa pada musim balap 2023. Termasuk masuknya H Rahmat dan co-driver Hade Mboi andalkan senjata barunya, Hyundai i20 R2 ke kancah kelas M1. 

Aksi H Putra dengan Skoda Fabia Evo di Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 3 Malang

H Rahmat adalah juara 1 kelas M1 dan Overall Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 3 di Malang, pekan lalu. Sebelumnya, kakak dari H Putra Rizky ini berlaga di kelas M2. 

Lalu, siapa H Putra Rizky yang seperti tiba-tiba mencuat sebagai salah bintang yang bersinar terang di ajang Sprint Rally Nasional? 

Iya, pengusaha muda nan sukses dan menantu konglomerat H Isam Batulicin Kalimantan Selatan ini, menurut Rifat Sungkar sang master rally Indonesia adalah debutan istimewa.

"Kenapa saya bilang istimewa? Karena Putra termasuk pendatang baru di kancah rally maupun sprint rally dengan improve serta progress yang cepat. Setelah menang di Sprint Rally Muara Bungo, Jambi tahun lalu, dia sudah P1, P2 dan P2 di tiga seri Kejurnas Sprint Rally tahun ini," ungkap Rifat Sungkar, mentor H Putra kepada mobilinanews.

Basicly, keputusan H Putra hanya pengin fokus di Kejurnas Sprint Rally dulu musim ini, menurut Rifat akan membuat H Putra lebih fokus.

"Dan, Putra kini menjadi salah satu kandidat kuat juara nasional Sprint Rally 2023 jika melihat improve dan progress dari seri ke seri," terang Rifat Sungkar.

Selain perally, H Putra adalah pemilik tim balap motor HP969 Racing Team yang berlaga di event Oneprix, Mandalika Racing Series serta Asia Road Racing Championship (ARRC).     

Suami Liana Saputri dan ayah dari Rajendra ini memang sudah cukup lama berkecimpung di ajang motorsport, terutama untuk balap motor.

H Putra Rizky (kiri) dan H Rahmat (sang kakak), berbagi trofi juara 1-2 untuk bendera LNF Sederhana Motorsport

Namanya mulai dikenal ekitar 2019, dengan turun di ajang Kejurnas Speed Offroad dan Sprint Rally. Saat itu, masih sering menggunakan Jeep Cherokee, sekaligus sebagai salah satu donatur alias sponsor event.

Pada 2022, H Putra membuat gebrakan bersejarah di ajang Kejurnas Rally menggunakan mobil Skoda Fabia Evo yang didatangkan langsung dari pabriknya di Rep Ceko. 

H Putra sampai membentuk tim teknik sendiri di bawah komando Loqy Siregar, untuk datang ke Ceko melakukan pelatihan terkait Skoda Fabia yang dikenal andal di ajang WRC 2.

Setelah itu, kemudian para perally papan atas Indonesia lainnya mulai ikutan mendatangkan mobil-mobil rally spec WRC 2.

Oya, sebelumnya Jagonya Ayam Motorsport telah mendatangkan 3 unit Citroen C3 R5 yang digeber Sean Gelael dan sang ayah, Ricardo Gelael.

Tak lama Ijeck (Wagubsu), kemudian juga mendatangkan Skoda Fabia, pengusaha tambang H Atuy Faturahman juga beli Skoda. Sedangkan perally lain mendatangkan Hyundai i20, Yaris AP4 hingga Ford Fiesta Rally2.

Jika Rifat Sungkar saja sebagai sang juara nasional Sprint Rally 2021 dan juara nasional Speed Rally 2022 dengan Xpander AP4, menjagokan H Putra kandidat terkuat juara nasional 2023, siapa jagosn kalian? (budsan) 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo