mobilinanews

WRC 2023 Finlandia: Dilema Rovanpera, Menang di Kandang atau Amankan Gelar 2023

Rabu, 02/08/2023 15:58 WIB
WRC 2023 Finlandia: Dilema Rovanpera, Menang di Kandang atau Amankan Gelar 2023
Kalle Rovanpera (Finlandia/Toyota Gazoo Racing) berharap hujan di home rally-nya. (Foto: wrc)

mobilinanews (Finlandia) - Local hero Kalle Rovanpera belum tetapkan target yang ingin diraih pada serial WRC Rally Finlandia yang start besok, Kamis (3 Agustus 2023).

"Harus cerdas memilih," ucap joki tim Toyota Gazoo Racing itu.

Juara dunia WRC bertahan itu sedang dihadang dilema. Ia juara dunia tapi justru belum pernah juara di kandang sendiri, Rally Finlandia, yang sejak kecil ia impikan. 

"Sejak dulu saya membayangkan juara di sini, di tengah besarnya antusiasme penonton," kata Rovanpera yang lahir dan tumbuh di tengah komunitas reli karena ia adalah putra Hari Rovanpera, salah satu legenda Finlandia.

Ia punya kesempatan pada akhir pekan ini. Ia favorit juara setelah tampil gemilang di Rally Estonia pada dua minggu lalu yang memenangi 15 dari 21 special stage (SS), dan seminggu kemudian disusul kemenangan di seri kejurnas Finlanda sebagai pemanasan.

Di sisi lain, pereli usia 22 tahun itu juga ingin merawat peluangnya menjadi juara dunia 2023. Ia memimpin klasemen sementara dengan total poin 170, unggul 55 angka dari pesaing terdekatnya. Sementara sisa kejuaraan hanya tinggal 4 putaran setelah seri Finlandia.

"Tentu saya ingin menang di kandang. Tapi, saya tak ingin bertindak bodoh dan merusak posisi di klasemen. Tambahan poin di sini sangat penting dalam perburuan gelar 2023," imbuh Rovanpera yang sepanjang musim tahun ini sangat nyaman di kokpit Yaris GR Rally1-nya.

Ia tak ingin ambil resiko untuk memaksakan raih kemenangan pertamanya di negeri sendiri. Tak lain karena trek gravel padat yang berkarakter cepat dan banyak jumpingan sepanjang SS.

Seri Finlandia adalah salah satu trek tercepat di serial WRC. Sedemikian kencangnya mobil maka dampaknya bisa langsung retire jika terjadi kecelakaan.

Pertimbangan Rovanpera lainnya adalah posisi start-nya sebagai pembuka jalan, saat permukaan lintasan belum bersih dari kotoran.

"Sementara Ott (Tanak, M-Sport Ford) akan start dari urutan ke-4. Ia pasti sangat cepat. Kami harus benar-benar cerdas dari awal sampai akhir."

Tanak (Estonia) juga favorit di Finlandia dengan koleksi 2 kemenangan di sana. Secara matematika, Tanak (P4 klasemen dengan poin 104) masih punya peluang meraih gelar 2023.

Begitu pula Elfyn Evans (Toyota di P2/115 poin) dan Thierry Neuville (Hyundai, P3/112 poin). Ketiganya harus habis-habisan memenangkan seri Finlandia agar kans di kejuaraan dunia tetap terbuka. Mereka harus ambil resiko untuk itu.

Jika Rovanpera pentingkan kejuaraan dunia ketimbang kemenangan perdana di kandang, logikanya ia tak akan perlu ambil resiko.

Lain soal jika lomba berlangsung di tengah hujan. Ia pun berharap hal itu terjadi sehingga dua hal bisa dipetik sekaligus, kemenangan dan poin maksimal.

Ia minta hujan tak lain karena sudah punya set up mobil yang mumpuni. Diperoleh saat menjuarai seri kejurnas Finlandia minggu lalu yang main hujan-hujanan. (rnp)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo