mobilinanews

South Borneo Rally 2023 : Rally di Kalimantan, Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia) Tekad Drive Maksimum

Jum'at, 04/08/2023 16:38 WIB
South Borneo Rally 2023 : Rally di Kalimantan, Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia) Tekad Drive Maksimum
Andalkan Toyota Yaris AP4, Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia) tekad drive maksimum di South Borneo Rally 2023. (foto : Toyota Gazoo Racing Indonesia)

mobilinanews (Tapin) - Salah satu perally terbaik Indonesia, Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, bertekad akan berjuang semaksimal mungkin pada seri 2 Kejurnas Rally South Borneo Rally 2023 yang akan berlangsung di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu - Minggu (5-6/8/2023) akhir pekan ini. 

"Saya dan Adi bertekad untuk drive maksimum pada seri 2 Kejurnas Rally 2023 di Tapin, Kalimantan Selatan esok," ujar Ryan Nirwan kepada mobilnanews.

Ryan yang mengandalkan Toyota Yaris AP4, menyebutkan bahwa di Tapin treknya sangat bervariatif.

Ryan Nirwan menilai, karakter lintasan di Tapin sangat variatif

"Tiap stage, punya karakter masing-masing. Ada yang mirip stage Balikpapan 2012 (Kejurnas Rally Balikpapan) dulu dengan crest dan high speed corner, ada yg super narrow track ngelewatin pemukiman penduduk, terus ada yang super high speed dengan straight panjang panjang," ungkap Ryan Nirwan.

Menurut putra legenda rally nasional asal Balikpapan, Roy Nirwan ini, hampir semua tikungan adalah square corner mirip di Rambong Sialang (salah special stage di Danau Toba Kejurnas Rally Sumatra Utara).

"Terus, ditambah 2 Special Stage di Kamil dan Balipat yang super technical, jadi semua punya karakter dan tantangan tersendiri, yang membutuhkan full concentration serta sangat menantang," terang Ryan, runner up Kejurnas Rally 2022. 

Diakui Ryan Nirwan, dengan fakta bahwa Yaris AP4 cukup berat untuk bersaing dengan mobil-mobil WRC Rally 2 yang kini mendominasi ajang Sprint Rally dan Speed Rally di Indonesia.

"Tapi harap juga diingat, bahwa ini rally panjang. Jadi namanya kans masih sangat terbuka. Kita tetap yakin bahwa kita akan drive maksimum," tegas Ryan Nirwan.

Bagaimana peluang dua perally tuan rumah yaitu H Rihans Variza san HA Prayoga?

"Perally tuan rumah, pasti punya advantage karena pasti lebih hafal dan punya waktu jauh lebih banyak untuk latihan di track-nya. Jadi yang pasti, Rihan dan Yoga menjadi favorit. Tapi juga ada om Ijeck yang seri 1 kemarin menang, terus Ame dan Putra," pungkas Ryan.

Bagi Ryan, sebenarnya main di Kabupaten Tapin, home rally juga. Pasalnya, sama-sama di Pulau Kalimantan. Bedanya, Ryan asal Balikpapan, Kalimantan Timur. Sedang Tapin di Kalsel. (budsan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo