mobilinanews

ISSOM 2023 : Kakak Adik Avan dan Umar Abdullah Kuasai Podium 1-2 ITCR 1600 Max, Haridarma Ketiga!

Kamis, 17/08/2023 01:08 WIB
ISSOM 2023 : Kakak Adik Avan dan Umar Abdullah Kuasai Podium 1-2 ITCR 1600 Max, Haridarma Ketiga!
Kiri - kanan : Abi, Umar, Avan, Haridarma dan Wildan di podium kelas ITCR 1600 Max

mobilinanews (Bogor) - Pembalap kakak-beradik, Avan Abdullah dan Umar Abdullah tampil luar biasa pada seri 3 Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (13/8/2023).  

Mereka menjadi juara 1 dan 2 kelas ITCR 1600 Max Overall. Namun jika berdasarkan kategori, Avan juara 1 Master, sedangkan Umar juara 1 Rising Star.

Pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia, Haridarma Manoppo juara 2 ITCR 1600 Master. Meski hanya P2, Haridarma masih memimpin klasemen kelas ITCR 1600 Max Master. 

Bagi Avan, ini bukan kemenangan pertamanya. Sebab pada seri 2 ISSOM 2023 lalu, pembalap Bank BJB Delta Garage Racing Team ini juga menyabet juara satu. Sayangnya, di seri 1 ISSOM 2023, Avan DNF (Did Not Finish).

Namun tidak demikian dengan Umar Abdullah, sang adik yang baru dua kali laga di kelas ITCR 1600 Max. Dan sejatinya, Umar yang menggunakan Toyota Yaris start di urutan buncit alias paling belakang. 

"Saya start dari posisi 5, paling belakang. Kebetulan pas QTT mobil mbrebet, sensor rusak. Tapi di race final, Yaris udah kembali fit. Lap 1 langsung naik ke posisi 3, overtake Abraham Franklin Nadeak yang pegang Pole Position dan Wildan," ungkap Umar kepada mobilinanews.

"Haridarma dan kak Avan ada di depan, jarak nggak jauh. Saya gas, coba kasih jarak dari Abi (panggilan Abraham). Dan bertahan jaga jarak dengan Hari dan Avan. Kebetulan hari itu set up semua lagi ok. Tapi time saya lebih kenceng dari Avan dan Hari," lanjut Umar. 

Sebelum final Race, sebut Umat, target tim finish 1-2. "Di lap 5, saya udah tau ini bisa overtake. Tapi, saya jaga ritme aja. Ternyata Avan overtake hari di lap 9. Di lap 10, saya ganti overtake Hari. Lalu berusaha menjauh dari Hari, mendekat ke Avan untuk finish 1-2 dengan gap hanya 0,3 detik dengan Avan," tutur Umar. 

"Udah 2 seri, kita kuasai podium ITCR 1600 Max. Seri depan, kita akan sempurnain mobil lagi. Target kita, kak Avan juara nasional. Karena Umar baru ikut mulai seri 2. Judulnya, adik kawal kakak sampe seri terakhir," senyum Umar yang juga baru juara balap mobil mobil di sirkuit Sepang Malaysia. 

Umar ternyata tidak hanya balap di ITCR 1600 Max. Namun juga turun di ITCR 1500 menggunakan Honda City Hartchback.

"Di Kejurnas ITCR 1500, kemarin P2. Tapi alhamdulillah, poin Kejurnas di posisi 1 Promotion. Posisi kedua Pradana Wilianto (Honda Bandung Center) dan ke-3 Adrian Paruntu P-Five Racing Team," pungkas Umar.

Sementara itu, Haridarma Manoppo mengaku kalah cepat dari dari Avan dan Umar.

"Saya emang kalah cepat. Tapi saya akan berusaha bangkit the next series. Untungnya, meski kalah dari Ivan, saya masih leading poin di klasemen pembalap," senyum Haridarma. (bs)   

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo