mobilinanews

Mitsubishi XFORCE, Compact SUV Premium Paling Ditunggu Penggemar Setianya

Jum'at, 18/08/2023 14:08 WIB
Mitsubishi XFORCE, Compact SUV Premium Paling Ditunggu Penggemar Setianya
Mitsubishi XFORCE diluncurkan di GIIAS 2023, menjadi compact SUV premium paling ditunggu penggemar setianya. (foto : budsan)

mobilinanews (BSD City) - Mitsubishi XFORCE yang diluncurkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023) menjadi daya tarik tersendiri penggemar compact SUV.

Tak tanggung-tanggung, peluncuran XFORCE dilakukan Presiden dan CEO Mitsubishi Motors Corporation Takao Kato datang langsung dari Jepang.

Kato mengatakan, XFORCE ini dikembangkan sejak tiga tahun lalu di Indonesia dengan target memenuhi kebutuhan pasar di negara-negara ASEAN.

”Compact SUV ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui ujicoba secara berulang di kawasan ini," ujar Kato.

Beberapa bulan sebelumnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia, telah meluncurkan sejumlah teaser akan munculnya mobil baru ini dengan merilis foto-foto siluet dan melansir sebagian fitur andalan mobil tersebut.

Wet Mode, pertama pada fitur kendaraan Mitsubishi Motors

XFORCE dikembangkan dari mobil konsep Mitsubishi XFORCE Concept yang dipajang pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu.

Mobil konsep ini pertama kali dipamerkan di Vietnam, Oktober 2022. Saat itu pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) belum mengungkapkan di negara mana versi produksi massal dari XFORCE Concept akan dibuat dan dipasarkan.

Kini terjawab, Mitsubishi XFORCE diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dan dipasarkan pertama kali di Indonesia sebelum nantinya diekspor ke berbagai negara.

Seperti saat peluncuran Mitsubishi Xpander enam tahun lalu, Mitsubishi XFORCE terlihat sangat mirip dengan versi mobil konsepnya.

Meski berukuran kompak (panjang 4.390 milimeter, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm), sosok XFORCE terlihat lebih berotot, terutama dengan tarikan garis yang membentuk gundukan pada bagian atas sepatbor belakang.

Bonet tinggi menantang siapa pun yang ditemui di jalan

Bonetnya juga tinggi, menghadirkan hidung yang seolah mendongak, menantang siapa pun yang ditemui di jalan.

Wajahnya gagah dengan grill yang mengadopsi perwujudan terbaru dari bahasa desain Dynamic Shield khas Mitsubishi Motors.

Sementara lampunya dilengkapi DRL yang menyipit diikuti garis-garis lampu terpisah di bawahnya. Ground clearance setinggi 222 mm dan pelek 18 inci dengan ban ukuran 225/50R18 menambah kesan tinggi dan gagah dari compact SUV ini.

”Konsep desain mobil ini adalah silky dan solid, menggabungkan keanggunan dan ketangguhan. Bagian atas bodi mengekspresikan kehalusan yang lapang dengan atap mengambang. Sementara bawah mengadopsi proporsi SUV yang kokoh dan bertenaga,” ungkap Seiji Watanabe, General Manager Divisi Desain Mitsubishi Motor Corporation.

Kabin depan stylish dan sporty

Alessandro Dambrosio, Executive Design Director Mitsubishi Motor Corporation, menerangkan Mitsubishi XFORCE model pertama Mitsubishi Motors yang mengenakan hasil evolusi terbaru konsep Dynamic Shield.

Menurut dia, Dynamic Shield bagian dari DNA desain Mitsubishi Motors yang menggambarkan konsep perlindungan dan performa.

”Ada dua desainer asal Indonesia yang kami libatkan dalam tim desain Mitsubishi XFORCE. Sehingga cita rasa Indonesia tentu melekat di compact SUV terbaru ini,” ujar Dambrosio.

Platform sama dengan Mitsubishi Xpander, XFORCE menggunakan mesin dan transmisi yang sama. Yakni mesin berkode 4A91 dengan kapasitas 1,5 liter (1.499 cc) hasilkan tenaga maksimum 103 HP dan torsi puncak 141 Nm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

”Kami fokus pada pasar ASEAN saat mengembangkan mobil ini. Dan di pasar ini, Xpander yang berperforma sangat bagus menjadi mobil yang sangat diminati," terang Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation.

Meski bermesin sama, Nagaoka mengatakan, pada XFORCE dilakukan setting ulang pada mesin untuk meningkatkan torsi di kecepatan rendah guna meningkatkan kenikmatan berkendara di medan perkotaan.

Sementara transmisi CVT juga mendapat sentuhan pada pola pergantian rasio gigi sehingga lebih berasa sebagai sebuah SUV sejati.

Sektor kaki-kaki juga mendapat ubahan sehingga suspensi Mitsubishi XFORCE menjadi lebih halus sekaligus kokoh sesuai posturnya.

Mitsubishi XFORCE menyematkan empat mode berkendara pada Mitsubishi XFORCE, yakni Normal, Mud (lumpur), Gravel (jalan berkerikil), dan Wet (medan basah). Mode Wet ini disebut baru pertama kali pada mobil mobil Mitsubishi Motors.

Pintu belakang XFORCE juga bisa dibuka secara elektrik dengan dilengkapi sensor tendangan, sehingga pengguna bisa membuka pintu bagasi tanpa perlu menyentuh pintu tersebut.

Hal ini memudahkan proses membuka pintu saat tangan pengguna sedang repot membawa barang-barang.

Di bagian interior, memiliki layar display 8 inci untuk panel instrumen dan multi-information display (MID).

Sementara di bagian tengah dasbor, menyatu dengan layar panel instrumen terdapat layar utama berukuran 12,3 inci dilengkapi konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.

Sistem penyejuk udaranya sudah mengadopsi sistem dua zona, serta fitur Active Yaw Control yang ada Xpander Cross juga dipasang di XFORCE.

Penumpang dimanjakan dengan kualitas sistem suara premium besutan Yamaha dengan delapan pelantang dan empat mode preset equalizer.

Mitsubishi Motors menggandeng Yamaha karena merek tersebut dikenal sebagai produsen instrumen musik paling top dan pengalaman. Yamaha sangat ahli dari sisi musisi, instrumen musik, hingga pendengarnya.

Speaker besutan Yamaha menjadi peranti standar dalam Mitsubishi XFORCE tipe Ultimate.

Mitsubishi XFORCE dipasarkan dalam dua varian, yakni XFORCE Ultimate dan XFORCE Exceed. Varian Ultimate dijual dengan harga Rp 412,9 juta, sedangkan Exceed dibanderol Rp 379,9 juta. Semua harga dalam kondisi on the road di DKI Jakarta.

Terdapat enam pilihan warna untuk semua varian, yakni abu-abu metalik, kuning metalik, putih metalik, hitam, perak, dan merah metalik.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), mengatakan, awalnya pihaknya menetapkan target penjualan 10.000 unit Mitsubishi XFORCE hingga akhir tahun ini.

Namun, melihat animo masyarakat terhadap mobil baru ini, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk merevisi target tersebut.

Kehadiran Mitsubishi XFORCE diprediksi bakal mengubah peta persaingan segmen compact SUV yang menjadi incaran semua brand otomotif. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo